FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN DRIVER GOJEK
Abstract
Abstrak
Driver Gojek online di Sukabumi semakin meningkat, mereka saling bersaing untuk medapatkan penumpang. Hal ini berpengaruh terhadap pendapatan mereka,tidak hanya disebabkan oleh pesaing baru seperti Grab,tetapi ada juga beberapa faktor yang mempengaruihi pendapatan driver Go-jek,seperti:,kenaikan BBM dan perubahan sistem point. Penelitian ini dilakukan di kota Sukabumi dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling khususnya simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, ditemukan bahwa bahwa pesaing transportasi online lainnya (Grab), kenaikan BBM dan perubahan sIstem poin berpengaruh terhadap pendapatan driver GO-JEK. Namun dari hasil wawancara, pesaing dan sistem point memiliki pengaruh 75% dan sedangkan kenaikan BBM hanya berpengaruh terhadap pendapatan driver Go-jek sebesar 25% saja.
Kata Kunci : Gojek,Pesaing Baru,Kenaikan Bbm,Sistem Point,Pendapatan Pengemudi Gojek
Abstract
Gojek online drivers in Sukabumi are increasing, they are competing to get passengers. This affects their income, not only caused by new competitors such as Grab, but there are also several factors that influence the Go-jek driver's income, such as: the increase in fuel prices and changes in the system point. This research was conducted in the city of Sukabumi with a total sample of 100 respondents. The method used in this study is probability sampling, especially simple random sampling. Data collection was done by interview and observation. Based on the results of interviews and observations, it was found that other competitors of online transportation (Grab), increases in fuel prices and changes in system points affected the revenue of GO-JEK drivers. But from the results of interviews, competitors and point systems have an influence of 75% and while the increase in fuel only affects the Go-jek driver's income by only 25%.
Keyword: Gojek,Competitor,Point System,BBM Increase,Gojek Driver IncomeFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amajida, Fania Darma. 2016, Kreativitas Digital Dalam Masyarakat Risiko Perkotaan: Studi Tentang Ojek Online “Go-Jek” di Jakarta. Departmen Sosiologi Universitas Indonesia. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi Volume 46. Nomor 1. Juni 2016.
Creswell, John W. 2010, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, https://daftargojek.blogspot.com SISTEM KOMISI GOJEK (Di akses tgl 1 Oktober 2018)
Https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ojek
Https://www.merdeka.com Jumat, 6 Juli 2018 06:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Https://www.transonlinewatch.com
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Moeleong, Lexy.J. 2005. Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosda karya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i2.5184
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178