Sistem Informasi Antrian Konsumen Berbasis Desktop Pada PT Wom Finance Kemayoran Jakarta
Abstract
Abstraksi
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern serta teknologi yang berkembang dengan pesat saat ini, tentunya memberikan banyak sekali manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia, khususnya pada perusahaan pembiayaan. Mengantri adalah aktifitas menunggu untuk mendapatkan giliran. Di PT WOM Finance mengantri menjadi hal yang rutin terjadi dalam setiap proses transaksi dengan konsumen. Sistem antrian yang baik akan berpengaruh terhadap perilaku dan kepuasan konsumen. PT WOM Finance khususnya Cabang Kemayoran juga menerapkan sistem antrian yang masih konvensional. Sistem antrian yang berjalan saat ini dianggap kurang efektif, khususnya apabila terjadi antrian panjang dan tidak teratur. Kondisi tersebut dapat membuat konsumen menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi antrian pelayanan konsumen, tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan terhadap konsumen. Disamping itu melalui aplikasi ini, perusahaan dapat lebih optimal dalam melayani konsumen.
Kata Kunci : Sistem Antrian, Berbasis Desktop
Abstract
Along with the current development of an increasingly advanced and modern era and rapidly evolving technology nowadays, certainly provide a lot of benefits and convenience for human life, especially in finance companies. Queuing is a waiting activity to get a turn. In PT WOM
Finance queuing is a routine thing happening in every transaction process with consumer. A good queue system will affect customer behavior and satisfaction. PT WOM Finance in particular Kemayoran Branch also implemented a queuing system that is still conventional. The
current queuing system is considered ineffective, especially in the case of long and irregular queues. These conditions can make consumers become uncomfortable. Therefore, it is made an application service queue of consumers, the purpose is to provide comfort and satisfaction to consumers. Besides, through this application, the company can be more optimal in serving consumers.
Keywords: Queuing System, Desktop Based
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andoko, S. (2013). Pembuatan Sistem Komputerisasi Manajemen
Penggajian Pada Komanditer Venoschaf (CV) MObile Cell. Jurnal
on Computer Science, 50-56.
Herlawati, P. P. (2011). Menggunakan UML.Bandung: Informatika.
Kamus, T. P. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Nugroho, A. (2011). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek.
Yogyakarta: Andi.
Paryudi, J. S. (2006). Basis Data. Yogyakarta: ANDI.
Salahuddin, R. d. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur &
Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Sommerville, I. (2011). Software Engineering . Boston: MA:Pearson Education.
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i2.2575
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178