The Role of Purchasing Decisions in Enhancing Customer Value in Wedding Organizers
Abstract
Industri Wedding Organizer, sebuah sektor berbasis layanan yang membantu konsumen dalam mempersiapkan acara pernikahan dengan cermat, telah menyaksikan meningkatnya permintaan akan layanan ini di kalangan masyarakat Indonesia dari waktu ke waktu. Meskipun demikian, laju peningkatan permintaan akan wedding organizer relatif lambat dibandingkan dengan jumlah pernikahan. Oleh karena itu, perlu diterapkan strategi yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli penyelenggara pernikahan. Penelitian ini meneliti variabel Komunikasi Pemasaran, Citra Merek, Inovasi Produk, Keputusan Pembelian, dan Nilai Pelanggan untuk melihat pola dampaknya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan analisis verifikatif yang melibatkan 294 responden, dengan analisis Structural Equation Model (SEM) sebagai alat analisisnya. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penting dari komunikasi pemasaran, citra merek, dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian, yaitu sebesar 72,44%, serta dampak signifikan keputusan pembelian terhadap nilai pelanggan, yaitu sebesar 82,60%.
The Wedding Organizer industry, a service-based sector aiding consumers in meticulously preparing for wedding events, has witnessed a growing demand for its services among Indonesians over time. Despite this, the rate of increase in demand for wedding organizers has been relatively sluggish compared to the number of weddings taking place. Consequently, there arises a necessity to implement strategies aimed at augmenting consumer purchasing power towards wedding organizers. This study scrutinizes the variables of Marketing Communication, Brand Image, Product Innovation, Purchasing Decisions, and Customer Value to discern their impact patterns. Employing quantitative methods with a descriptive analysis approach and verification analysis, the research encompasses 294 respondents, with Structural Equation Model (SEM) analysis serving as the analytical tool. Findings from the study indicate a noteworthy influence of marketing communications, brand image, and product innovation on purchasing decisions, accounting for 72.44%, alongside a significant impact of purchasing decisions on customer value, constituting 82.60%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badi, K. S. (2018). The Impact of Marketing Mix on the Competitive Advantage of the SME Sector in the Al Buraimi Governorate in Oman. SAGE, 1–10.
Bancin, J. B. (2021). Citra Merek dan Word of Mouth. CV. Jakad Media publishing.
Bridestory. (2019, July). Potensi Pasar Bisnis Pernikahan Capai Rp 56 Triliun. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190719153443-35-86232/potensi-pasar-bisnis-pernikahan-capai-rp-56-triliun
Djodjobo, C. V., & Tawas, H. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, 2(3), 1214–1224.
Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Gitosudarmo, I. (2020). Manajemen Pemasaran. BPFE.
Handayani, I. (2020). Bisnis Industri Pernikahan Tumbuh 30% pada 2020. Investor.Id. https://investor.id/lifestyle/204628/bisnis-industri-pernikahan-tumbuh-30-pada-2020
Huo, B., Ye, Y., & Zhao, X. (2015). The impacts of trust and contracts on opportunism in the 3PL industry: The moderating role of demand uncertainty. International Journal of Production Economics, 170, 160–170.
Jefkins, F. (2018). Public Relations for Management Success (Vol. 37). Routledge Library.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. Pearson Prentice Hall, Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran (12th ed.). PT Indeks.
Kristin, D. M., & Lisanti, Y. (2014). Wedding Organizer Order Management. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 839. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2283
Laura, N., & Ringo, S. N. S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variable Intervening. Journal of Management and Business Review, 14(2), 258–284.
Mansur, A. (2016). Bisnis wedding organizer sangat prospektif. https://www.neraca.co.id/article/63399/bisnis-wedding-organizer-sangat-prospektif
Melati, I. (2014). Pengaruh Sales Promotion pada Keputusan Pemilihan Sebuah Wedding Organizer Studi Kasus: Segmentasi Kalangan Atas di Jakarta. Binus Business Review, 5(1), 429. https://doi.org/10.21512/bbr.v5i1.1264
Napompech, K. (2014). Factors Affecting Wedding Banquet Venue Selection of Thai Wedding Couples. Journal of Applied Sciences, 14(19), 2258–2266.
Prasetyo, T. D., Istiatin, & Mursito, B. (2020). Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Ditinjau dari Website Quality, Inovasi Produk, dan Electronic Word of Mouth. (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta). Jurnal Edunomika, 4(2), 886–893.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. CV Pustaka Setia.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Rusmanto. (2020). Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan media Sosial. Nurul Fikri Press.
Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty pelanggan Onlone Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61.
Suparyanto, & Rosad. (2020). Manajemen Pemasaran. In Media.
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Bumi Aksara.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2018). Service, Quality & Satisfaction. Andi.
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i2.21820
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178