Pengaruh Strategi Digital Marketing, Inovasi Produk, Dan Modal Usaha Terhadap Pendapatan UMKM

Achmad Syakur, Franciskus Antonius Alijoyo

Abstract


Usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Sukabumi merupakan pelaku usaha disekitar daerah kota Sukabumi. UMKM Kota Sukabumi masih belum optimal dalam penggunaan digital marketing, inovasi produk dan modal usaha. Hal itu menyebabkan berkurangnya pemasaran dari UMKM itu sendiri sehingga menyebabkan pendapatan menjadi menurun. Penggunaan strategi marketing, inovasi produk dan modal usaha menjadi peranan penting untuk pelaku UMKM. Dalam penelitian ini, menganalisis seberapa pengaruh dari strategi marketing, inovasi produk dan modal usaha terhadap pendapatan pada usaha UMKM Kota Sukabumi. Dalam penelitian ini, menggunakan metode regresi linier sederhana dan menggunakan  aplikasi SPSS versi 23.0 untuk pengolahan data. Hasil menunjukan variable digital marketing, inovasi dan modal usaha berpengaruh secara signifikan terhadap minat sebanyak 82% berdasarkan nilai koefisien determinasi, sisanya 18% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Selanjutnya variabel X1, X2 dan X3 berpengaruh positif terhadap variabel Y.

Sukabumi City Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are business actors around the Sukabumi city area. Sukabumi City MSMEs are still not optimal in the use of digital marketing, product innovation and business capital. This causes a reduction in marketing from MSMEs themselves, causing income to decrease. The use of marketing strategies, product innovation and business capital is an important role for MSME players. In this research, we analyze the influence of marketing strategy, product innovation and business capital on income in MSME businesses in Sukabumi City. In this research, a simple linear regression method was used and the SPSS version 23.0 application was used for data processing. The results show that the variables digital marketing, innovation and business capital have a significant influence on interest by 82% based on the coefficient of determination value, the remaining 18% is influenced by other variables. Furthermore, variables X1, X2 and X3 have a positive effect on variable Y.


References


Alijoyo, F. Antonius & Farisa N. Putri. (2023). The Influence of Brand Experience Toward Brand Trust on New Entry Sport Product. Jurnal of Word Science Vol. 2, No. 8 Tahun 2023.

Anatan, L., & Nur. (2023). Micro, Small, and Medium Enterprises’ Readiness for Digital Transformation in Indonesia. Economies, 11(6), 156.

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.

Anisa, A. T. N., & Mustofa, N. H. (2021). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah Dengan Inovasi Sebagai Variabel Intervening. Sketsa Bisnis, 8(2), 82-98.

.

Anatan, L. (2020). SOSIALISASI STRATEGI BERSAING ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BANDUNG. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat .

Arranz, C. F., Arroyabe, M. F., Arranz, N., & de Arroyabe, J. C. F. (2023). Digitalisation dynamics in SMEs: An approach from systems dynamics and artificial intelligence. Technological Forecasting and Social Change, 196, 122880.

Celik, I. (2023). Exploring the determinants of artificial intelligence (Ai) literacy: Digital divide, computational thinking, cognitive absorption. Telematics and Informatics, 83, 102026.

Kalil, K., & Aenurohman, E. A. (2020). Dampak kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja UKM di kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69-77.

Kilay, A. L., Simamora, B. H., & Putra, D. P. (2022). The influence of e-payment and e-commerce services on supply chain performance: Implications of open innovation and solutions for the digitalization of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) in Indonesia. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 119.

Kurniawan, Robert. Analisis Regresi. (2016). Indonesia: Kencana Prenada Media

Kusniadi, C. P. (2022). Pengaruh Digital Marketing di Era Pandemi Terhadap Pengembangan UMKM di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Doctoral dissertation, Institut Pemerintahan Dalam Negeri).

L. H. Adha, Z. Asyhadie, & R. Kusuma. (2020). Indonesia Industrial Digitalization and Its Impact on Labor and. J. Kompil. Huk., V(2), 32.

Lubis, M. S. Y. (2021, August). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 1-7).

Lukiyаnа, L., & Yusuf, N. M. (2022). The Influence of Digital Marketing and E-commerce on MSME Marketing Performance with Entrepreneurship Orientation as Moderating. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 13473-13487.

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021, November). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 2, No. 1, pp. 294-300).

Muttalib, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus Program Active Selling 2021 KOMINFO). Jurnal Econetica: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi, Dan Bisnis, 4(2), 102-115.

R. Puspa, S., D.Teguh, S., & D. Puspita. (2020). Analisis Kesiapan Umkm Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing Dalam Konteks Industri 4.0. J. Tek. Ind, 15(2).

Roza, Rahmi, Mohamad, N. F & Woro, I. R .(2020). Tutorial Sistem Informasi Prediksi Jumlah Pelanggan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter: Kreatif.

Sudrartono, T., Nugroho, H., Irwanto, I., Agustini, I. G. A. A., Yudawisastra, H. G., Amaria, H., ... & Sudirman, A. (2022). Kewirausahaan UMKM Di Era Digital.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i1.20032

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License