SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH DASAR ISLAM MENGGUNAKAN ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Fintri Indriyani

Abstract


Tingkat satuan pendidikan yang dianggap sebagai dasar pendidikan adalah sekolah dasar. Di sekolah inilah anak didik mengalami proses pendidikan dan pembelajaran yang merupakan bekal kemampuan dasar membaca, menulis dan berhitung juga yang tak kalah penting yaitu pendidikan karakter. Sehingga pemilihan sekolah dasar yang dapat mewujudkan tujuan pendidikan dasar secara tepat merupakan impian setiap orang tua agar anaknya dapat berkembang sesuai dengan harapan. Banyaknya sekolah dasar islam yang berkualitas dan sesuai dengan visi misi orang tua dengan beragam keunggulannya sering membuat orang tua bingung menentukan pilhan. Sistem penunjang keputusan ini diharapkan dapat membantu orang tua menentukan pilihan sekolah dasar yang terbaik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil akhir penelitian ini yaitu nilai tertinggi untuk pilihan responden adalah sekolah SDIT Al Hamidiyah, pilihan kedua SDIT Miftahul Ulum, pilihan ketiga Sekolah Alam Indonesia, pilihan keempat SDIT Darajatul Ulum.

References


Darmawan R. 2009. Model Kuantitatif Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Strategis. Bandung: Alfabeta.

Faisal, Silvester Dian Handy Permana, 2015, Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Sekolah Menengah Kejuruan Teknik Komputer Dan Jaringan Yang Terfavorit Dengan Menggunakan Multi-Criteria Decision Making , Vol. 2, No. 1, April 2015, hlm. 11-19, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)

Nofriansyah, Dicky, 2014. Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan, Edisi.1 Cetakan 1, Yogyakarta: Deepublish

Marimin. 2004.Teknik dan Aplikasi Pengambilan keputusan Kriteria Majemuk.Retrievedjuli 5, 2015, from http://books.google.co.id/books.htm

Saaty, T.L., 2004. Decision making-the analytic hierarichal process and the analytic network process. Journal of Systems Science and Systems Engineering. Vol 13(1) : 35.

Turban, Efraim, Jay E.Aronson dan Ting Peng Liang, 20015, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Edisi 7, Jilid 1, New Jersey: Pearson Education, Inc




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i1.1709

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License