Penerapan Metode Oreste Pada Penentuan Pegawai Terbaik Pada RS Jasa Kartini Tasikmalaya

Risma Nurfauzia, Apip Supiandi, Dede Wintana

Abstract


Penerapan metode Oreste pada Penentuan Pegawai Terbaik ini merupakan program penentuan pegawai terbaik di rumah sakit jasa kartini untuk mempermudah pekerjaan SDM Kepegawaian dalam perhitungan menentukan pegawai terbaiknya pengolahan data dan perhitungan nya masih dilakukan secara manual, yaitu dengan cara setiap kepala unit merekomendasikan pegawait unit nya dan melaporkan ke bagian kepegawaian untuk nanti di tentukan kandidat terbaiknya lalu setelah mendapatkan beberapa kandidatnya dilakukan wawancara dan test wawasan di depan Kepegawaian serta Direktur rumah sakit setelah semua rangkaian selesai dilakukan perhitungan manual oleh bagian kepegawaian.Tujuan dari Skripsi ini penulis menerapkan sebuah metode untuk mempermudah dan menjadikan perhitungan nilai lebih baik dan akurat dengan sebuah metode perankingan. Metode yang digunakan dalam Skripsi ini adalah metode oreste, metode ini salah satu cara efektif untuk merangking dan mengurutkan data agar mendapatkan data yang akurat. Hasil dan manfaat dari penentuan pegawai terbaik menggunakan metode oreste ini adalah memudahkan Kepegawaian dalam menghitung nilai pegawai terbaik sehingga perhitungan pegawai terbaik dapat dilakukan dengan sebuah metode. Selain itu juga dengan adanya penerapan metode ini dapat memudahkan kepegawaian dalam pekerjaan nya dan mengurangi resiko kesalahan perhitungan poin data pegawai terbaik sehingga dapat menghasilkan laporan yang akurat.

The application of the Oreste Method to the Maintenance of the Best Employees is the best employee expenditure program at Jasa Kartini Hospital to facilitate HR HR work in determining the best employee. the staffing section to later determine the best candidate and then get some of the candidates to conduct interviews and insight tests in front of the Staff and Director of the hospital after all the series have been completed, manual calculations are carried out by the staffing department. and accurate with a ranking method. The method used in this research is the Oreste method, this method is an effective way to rank and sort data in order to obtain accurate data. The results and benefits of spending on the best employees using this method make it easier for Staffing to calculate the best employee values so that the calculation of the best employees can be done with a method. In addition, the application of this method can facilitate staffing in their work and reduce the risk of errors in calculating the best employee data points so that they can produce accurate reports.


References


Bancin, Ohti Sohmoda Karina. 2022. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kinerja Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weight.” Jurnal Teknik, Komputer, Agroteknologi Dan Sains 1 (1): 1–9. https://doi.org/10.56248/marostek.v1i1.7.

Intan, Rianto. 2020. “Bab I .... ﻢﻠﺳو ﮫﯿﻠﻋ ﷲ ﻰﻠﺻ ﻲ ﱠ ِ ﺒﱠﻨﻟا ﺎ َ ﻨ ﯿ ْ َ َ ر ﺎ َ ﻤ ﻛ َ اﻮﱡﻠ َ ﺻ َ و.” Bab I 2019: 1–16.

Jeprizal. 2023. “Penerapan Metode Unit Teaching Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Lkmd Giti Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu.” Universitas Pendidikan Indonesia, 77–100. http://repository.uin-suska.ac.id/4847/.

Karim, Abdul, Shinta Esabella, Muhammad Hidayatullah, and Titi Andriani. 2022. “Sistem Pendukung Keputusan Aplikasi Bantu Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode EDAS.” Technology and Science (BITS) 4 (3). https://doi.org/10.47065/bits.v4i3.2494.

Malik, Abdul. 2017. “Metodologi Penelitian: Metodologi Penelitian Skripsi.” Rake Sarasin, 33–44.

Mardiyah Lubis. 2020. “View of Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung Dengan Menggunakan Metode Oreste.” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC) 1 (4): 246–53. https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josyc/article/view/170/259.

Mathematics, Applied. 2016. “IMPLEMENTASI PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN AHP UNTUK KARYAWAN TERBAIK DI PENGADILAN AGAMA GORONTALO UTARA Suhardi” 8 (1): 1–23.

Octavia, Ayu. 2019. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste (Studi Kasus: PDAM Tirta Deli Kab. Deli Serdang).” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 6 (6): 570–74. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/1739.

Purwadi, Purwadi, Widiarti Rista Maya, and Ahmad Calam. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Pemasangan Lokasi Strategis Wifi.Id Pada Telkom (Studi Kasus Pada Pemsangan Wifi.Id Di Beberapa Lokasi Medan Menggunakan Metode Oreste.” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika Dan Komputer) 19 (1): 110. https://doi.org/10.53513/jis.v19i1.231.

Quispe, Joseph. 2023. “KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH NOONGAN.” วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย 4 (1): 88–100.

Reichenbach, Andreas, Andreas Bringmann, Elsevier Enhanced Reader, Constantin J. Pournaras, Elisabeth Rungger-Brändle, Charles E. Riva,

Sveinn H. Hardarson, et al. 2019. “PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 30 TAHUN 2019 TENTANG KLASIFIKASI DAN PERIZINAN RUMAH SAKIT DENGAN.” Progress in Retinal and Eye Research 561 (3): S2–3.

Simanjuntak, Partogi, Mesran, and Ronda Deli Sianturi. 2022. “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Dokter Dirumah Sakit Umum Bhakti Dengan Menerapkan Metode Oreste Dan ROC.” Resolusi : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi 2 (3): 121–27. https://doi.org/10.30865/resolusi.v2i3.307.

Sudipa, I Gede Iwan, Pandu Adi Cakranegara, Mustika Wati Alfia Ningtyas, Efendi Efendi, and Ahmad Jurnaidi Wahidin. 2022. “Penilaian Aspek Keaktifan Belajar Mahasiswa Menggunakan Metode ORESTE.” Remik 6 (3): 436–47. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11628.

Suharjanti, Suharjanti, Ghofar Taufik, Ahmad Zarkasi, and Melan Susanti. 2021. “Model Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Pada Bank X Dengan Simple Additive Weighting.” Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak 2 (2): 66–74. https://doi.org/10.31294/reputasi.v2i2.568.

Suparyanto dan Rosad (2015. 2020. “Manajemen Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupate Pangkep.” Suparyanto Dan Rosad (2015 5 (3): 248–53.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i1.16662

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License