Penerapan Analisis Faktor dalam Mengidentifikasi Efektivitas Aplikasi Mybb Forum Diskusi
Abstract
Program Studi Sistem Informasi di Universitas Terbuka merupakan program studi dengan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh, layanan bimbingan akademik dan diskusi dilakukan melalui media. Forum diskusi menggunakan aplikasi Mybb disediakan sebagai media layanan akademik dan diskusi, namun saat ini belum diukur terkait efektivitasnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menerapkan analisis faktor dalam mengidentifikasi efektivitas penggunaan aplikasi forum Mybb di lingkungan Program Studi Sistem Informasi sebagai media layanan bimbingan dan diskusi mahasiswa. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif, dilanjutkan dengan analisis faktor menggunakan Barlett Test of Sphericity dan Keiser Meyers Oklin (KMO). Data penelitian berasal dari data primer hasil pengisian kuesioner mahasiswa dan berdasarkan hasil analisis faktor didapatkan bahwa terdapat dua faktor yang dapat mengidentifikasi efektivitas penggunaan aplikasi forum Mybb yaitu faktor easy to use dan easy to learn. Faktor easy to use yang terdiri dari indikator fungsionalitas, flexibilitas, aksesibilitas, dan useful. Sedangkan faktor easy to learn yang terdiri dari indikator efisien, fitur, informatif, dan performance.
The Information Systems Study Program at the Open University is a study program with an open and distance learning system, academic guidance services and discussions are conducted through the media. Discussion forums using the Mybb application are provided as a medium for academic services and discussion, but currently their effectiveness has not been measured. The purpose of this study is to apply factor analysis in identifying the effectiveness of using the Mybb forum application in the Information Systems Study Program environment as a medium for student guidance and discussion services. The research method uses descriptive quantitative, followed by factor analysis using the Barlett Test of Sphericity and Keiser Meyers Oklin (KMO). The research data comes from primary data from filling out student questionnaires and based on the results of factor analysis it is found that there are two factors that can identify the effectiveness of using the Mybb forum application, namely the easy to use and easy to learn factors. The easy to use factor consists of indicators of functionality, flexibility, accessibility and usefulness. Meanwhile, the easy to learn factor consists of efficient, feature, informative, and performance indicators.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.
Ayuni, N. W. D., & Sari, I. G. A. M. K. K. (2018). Analysis of factors that influencing the interest of Bali State Polytechnic’s students in entrepreneurship. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012071
Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor yang mempengaruhi indeks prestasi mahasiswa. Saintia Matematika, 1(5), 483–494.
Goodwin, W. L., & Goodwin, L. D. (1996). Understanding quantitative and qualitative research in early childhood education (Vol. 59). Teachers College Press.
Harish, A. G., & Wardhana, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Preferensi Konsumen GO-JEK di Kota Jakarta. EProceedings of Management, 3(2).
King, G., Keohane, R. O., & Verba, S. (2021). Designing social inquiry: Scientific inference in qualitative research. Princeton university press.
Kurniawan, W., Suprianto, A., & Sumardiyono, B. (2016). Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa. Jurnal Rekayasa Informasi, 5(2).
Novendri, M. S., Saputra, A., & Firman, C. E. (2019). Aplikasi Inventaris Barang Pada Mts Nurul Islam Dumai Menggunakan Php Dan Mysql. Lentera Dumai, 10(2).
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan skala Likert dan skala dikotomi pada kuesioner online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137.
Pranaya, A., & Amalga, S. G. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Forum Diskusi Untuk Pembelajaran Mata Kuliah di Teknik Informatika Universitas Pasundan Menggunakan Framework Laravel. Fakultas Teknik Unpas.
Reza, Y. (2019). Analisis faktor-faktor sukses sistem e-payment. Jurnal Riset Sains Manajemen, 3(1), 31–48.
Riki, R. (2017). PENERAPAN FORUM ONLINE BULLETIN BOARD PADA SMARTPHONE ANDROID. Jursima, 5(1), 1–10.
Satria, F., Chasanah, N., & Iskandar, D. (2020). Aplikasi Forum Diskusi Himpunan Mahasiswa Teknik Universitas Jenderal Soedirman Menggunakan Laravel. Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), 1(1), 1–6.
Shrestha, N. (2021). Factor analysis as a tool for survey analysis. American Journal of Applied Mathematics and Statistics, 9(1), 4–11.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Suhartanto, M. (2017). pembuatan website sekolah menengah pertama negeri 3 delanggu dengan menggunakan php dan mysql. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(1).
Suryaningsih, T., & Agustin, T. M. (2020). Pengaruh Kepribadian Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 42–49.
Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 5(2), 34–41.
van Delsen, M. S. N., Wattimena, A. Z., & Saputri, S. (2017). Penggunaan metode analisis komponen utama untuk mereduksi faktor-faktor inflasi di Kota Ambon. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 11(2), 109–118.
Wee, J. C. P., Chong, W. C. C., & Lim, G. H. (2013). Using an electronic bulletin board platform in a disaster tabletop exercise. Hong Kong Journal of Emergency Medicine, 20(5), 287–291.
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i1.16476
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178