Analisis Kualitas Layanan Pada Website Simlala Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0
Abstract
Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam pemerintahan akan meningkatkan efisiensi efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, telah disadari oleh negara Indonesia melalui Inpres No. 3 Th 2003, sehingga dituntut adanya website pemerintah yang berkualitas serta memperhatikan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Perusahaan Terintegerasi Secara Elektronik yang tercantum pada pasal 5 (lima) dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 89 Tahun 2018 Tentang Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Sektor Bidang Laut. Berdasarkan hal itu, penelitian ini mencoba untuk mengukur kualitas website Direktorat Lalu Lintas Dan Angkutan Laut yaitu www.simlala.go.id yang ditinjau dari sisi kepuasan pengguna akhir menggunakan metode webqual 4.0, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu usability (kemudahan penggunaan), information quality (kualitas informasi) dan interaction quality (kualitas interaksi). Pengambilan sampelnya adalah pegawai yang ada di Direktorat Lalu Lintas Dan Angkutan Laut dan Pengguna Jasa karena dianggap dapat mendapatkan informasi keseluruhan karena sering mengakses website tersebut. Penelitian ini mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa dari 3 dimensi webqual 4.0 hanya dimensi information quality dan interaction quality yang dinilai berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website, sedangkan dimensi usability dinilai tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website.
The use of information and communication technology in government will increase the efficiency, effectiveness, transparency and accountability of governance, the Indonesian state has realized through Presidential Instruction No. 3 of 2003, so that a quality government website is required and pay attention to Government Regulation Number 24 of 2018 concerning Electronically Integrated Company Licensing Services listed in article 5 (five) and Minister of Transportation Regulation Number PM 89 of 2018 concerning Norms, Standards, Procedures and Criteria for Electronically Integrated Business Licensing in the Maritime Sector. Based on that, this study tries to measure the quality of the website of the Directorate of Traffic and Sea Transportation, namely www.simlala.dephub.go.id in terms of end user satisfaction using the webqual 4.0 method, which consists of three dimensions, namely usability (ease of use), information quality (quality of information) and interaction quality (quality of interaction). The samples were taken from employees at the Directorate of Traffic and Sea Transportation and Service Users because they were considered to be able to obtain overall information because they frequently accessed the website. This study draws a conclusion that of the 3 dimensions of webqual 4.0, only the dimensions of information quality and interaction quality are considered to have an effect on website user satisfaction, while the usability dimension is considered to have no effect on website user satisfaction
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amelia, L. (2020). Analisis Kualitas Layanan Website BPJS Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 1(2), 180–188. https://doi.org/10.35957/jtsi.v1i2.515
Apsari, N. (2019). Analisis Kualitas Layanan Website Lazada Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode WebQual. INTEGER: Journal of Information Technology, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31284/j.integer.2019.v4i1.206
Khairunnisa, K., & Wasiyanti, S. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Depok Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual 4.0. Swabumi, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3314
PERMENHUB 62. (2019). Menteri perhubungan republik indonesia. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 115 Tahun 2018, 1–39. http://hubdat.dephub.go.id/km/tahun-2018/2669-peraturan-menteri-perhubungan-republik-indonesia-nomor-pm-115-tahun-2018-tentang-pengaturan-lalu-lintas-operasional-mobil-barang-selama-masa-angkutan-natal-tahun-2018-dan-tahun-baru-2019/download
Prastiti, N., Koeshardianto, M., & Apriliana, R. (2021). Pengukuran Kualitas Website Akademik Menggunakan WebQual 4.0 dan IPA untuk meningkatkan Layanan pengguna. Jurnal Simantec, 10(1), 9–16.
Purwandani, I., & Syamsiah, N. O. (2021). Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: MyBest E-learning System UBSI. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(3), 300. https://doi.org/10.26418/justin.v9i3.47129
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i2.15466
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178