Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Mitra Bangun Perwira

Resti Yulistria, Rosento Rosento, Eka Putri Handayani, Isnurrini Hidayat Susilowati, Siti Aulia

Abstract


Kualitas produk menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai kepuasan pelanggan.Kualiast produk itu sendiri adalah keunggulan suatu produk yang menggambarkan kemampuan memenuhi persyaratan atau spesifikasi kualitas produk yang ditetapkan. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk PT Mitra Bangun Perwira. Penelitian ini menggunakan analisis desktritif kuantitatif dengan angket dn dokumentasi. Penentuan total sampel menggunakan teknik nonprobability sample sampling jenuh dengan jumlah sampel 42 responden dan tingkat kesalahan 5%. Berdasarkan hasil uji koefisien korelasi, menunjukan hubungan variabel tersebut kuat antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja dan berdasarkan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa  variabel kepuasan kerja karyawan dipengaruhi oleh lingkungan kerja sebesar 50% dan sisanya 50% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil persamaan uji regresi, dapat dikatakan arah pengaruh hubungan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan adalah positif, artinya searah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan.


References


Assaouri. (2013). Manajemen Pemasaran ,jilid I edisi 8. Yogyakarta: Liberti.

Buchari, A. H. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara, https://play.google.com/store/books/details?id=g9YrEAAAQBAJ.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press., https://play.google.com/store/books/details?id=PYfCDwAAQBAJ.

Kothler, P. d. (2017). Pemasaran, Edisi pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Nurhidayati, &. Y. (2018). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Fish Streat Cabang Tebet. . Widya Cipta, II(1), . , 69–75.

Razak, I. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Volume 7 No 2, 7-8.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Yuniasih, I. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Mangunjaya Kabupaten Bekasi. Mabiska Jurnal Volume 5 No 1, 69–79.

Yuniasih, I. N. (2018). Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada pt optik tunggal sempurna. Mabiska Jurnal, Volume 3 No 2, 33-40.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v11i1.13980

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License