Sistem Informasi Managemen Customer Service Pada Bengkel Selamat Motor Honda Menggunakan Metode MVC
Abstract
Penelitian ini menganalisis kiprah customer service dalam meningkatkan customer service di Bengkel Honda PT Selamat Lestari Mandiri (Selamat Motor Honda). Customer service bekerjasama langsung dengan customer (pelanggan), kiprah customer service bertanggung jawab atas pelayanan serta kelancaran operasional bengkel Honda, mengetahui pekerjaan yg akan dilakukan terutama pekerjaan yang bekerjasama dengan pelayanan pada pelanggan. pada proses melayani pelanggan, perlu memiliki sikap pelayanan pelanggan yang bisa menaikkan minat pelanggan serta berkomunikasi dengan baik terhadap pelanggan, pada hal ini manajemen customer service Bengkel Selamat Motor Honda belum mempunyai sistem yg dapat membantu setiap layanan dan masih memiliki beberapa permasalahan seperti belum dapat mengecek data customer dengan cepat harus melihat satu persatu dari data manual, data masih tercecer dengan menggunakan arsip-arsip, belum dapat membuat laporan data customer sehingga dalam penelitian ini dibangun sistem customer service berbasis web menerapkan metode MVC (Model, View, Controller) agar pembuatan web dapat berjalan lebih baik, penelitian ini bertujuan mengambarkan peran customer service dalam memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan khususnya memberikan informasi mengenai pengelolaan data customer service mulai dari proses pendataan data pelanggan, melihat data customer yang belum diproses sedang proses dan selesai diproses, dan juga data laporan customer, dengan diterapkannya Aplikasi manajemen customer service berbasis web yg digunakan dalam menyampaikan informasi sudah lebih baik dan memberikan nilai tambah untuk Bengkel Selamat Motor Honda.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Audrilia, M., & Budiman, A. (2020). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Bengkel Berbasis Web (Studi Kasus : Bengkel Anugrah). Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.33753/madani.v3i1.78
Halim, F., & Huwae, S. (2020). Bengkel Motor Custom. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2), 1735. https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4386
Hidayati, N. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pembelian Obat Secara Kredit Pada Apotik Dengan Menggunakan Model View Controller (MVC). Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4(2), 457–471.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Beserta Persada Bunda). PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 90–103.
Meldiana, M. R., & Rahadi, D. R. (2020). Peran Customer Service Dalam Mendukung Kompetensi Pegawai Pada Perusahaan. JIMEA : Jurnal Ilmiah MEA, 4(3), 1567–1581.
Mubarak, A. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek. JIKO (Jurnal Informatika Dan Komputer), 2(1), 19–25. https://doi.org/10.33387/jiko.v2i1.1052
Putri, A. D. (2020). Pelayanan Customer Service dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah PT. BPR Pembangunan Kerinci. Jurnal Administrasi Nusantara Maha, 2(2), 52–67.
Rayasa, R. F., Rande, S., & Dwivayani, K. D. (2019). Strategi Komunikasi Customer Service Pt . Jne Cabang Utama Samarinda Dalam Menangani Kasus Keluhan Pelanggan. EJuournal Ilmu Komunikasi, 7(2), 233–242.
Setyowati, L. (2018). Research Support Services: Peran Perpustakaan dalam Pengembangan Riset di Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 6(2), 331. https://doi.org/10.21043/libraria.v6i2.4100
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(1), 1–9. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871
Widhiananda, I. G. N. A., Arsa Suyadnya, I. M., & Oka Saputra, K. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Service Untuk Bengkel Sepeda Motor Berbasis Web. Jurnal SPEKTRUM, 4(2), 97. https://doi.org/10.24843/spektrum.2017.v04.i02.p13
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i2.12626
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178