Penerapan Model MVC Pada Sistem Informasi Pendaftaran Mts Nurul Hikmah Sukabumi

Jamal Maulana Hudin, Lis Saumi Ramdhani, Desi Susilawati, Rusda Wajhillah

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak dalam berbagai bidang. Perkembangan teknologi informasi tentunya sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, salah satunya  yaitu di dunia pendidikan, sehingga menimbulkan persaingan antar seluruh institusi baik negeri maupun swasta. Mts Nurul Hikmah merupakan sebuah Lembaga Pendidikan swasta yang berada di kota Sukabumi. Proses pendaftaran pada Mts Nurul Hikmah masih dilakukan secara konvensional dengan mengisi formulir pendaftaran sehingga calon siswa harus datang langsung ke tempat dan bagian staf administrasi masih mengalami kesulitan dalam hal pencarian data calon siswa, dan laporan calon siswa yang sudah mendaftar pada Mts Nurul Hikmah. Sistem informasi pendaftaran merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada Mts Nurul Hikmah, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada Mts Nurul Hikmah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prototype. Dengan adanya  sistem pendaftaran, dapat mempermudah pengolahan data pendaftaran dan pencarian data calon siswa Mts Nurul Hikmah.


References


Hidayat, R. (2017). Aplikasi Penjualan Jam Tangan Secara Online Studi Kasus: Toko JAMBORESHOP. Jurnal Teknik Komputer, III(2), 90–96.

Pasaribu, J. S. (2017). Penerapan Framework YII pada Pembangunan Sistem PPDB SMP BPPI Baleendah Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Teknologi Terapan, 3(2), 154–163.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. JIMP - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61.

Supriyadi, & Lutfiyana, N. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru . INFORMATIKA DAN RPL, 2(1), 62-68.

Wibowo, A., & Azimah, A. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Throwaway Prototyping DevelopmentPrototyping Development. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6–7.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12571

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License