Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Optik Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting

Yunita Nur Aprilia, Ahmad Jurnaidi Wahidin

Abstract


Berkembangnya bidang industri saat ini menyebabkan persaingan antar perusahaan menjadi semakin ketat dan kompetitif. PT. Domba Mas Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang distributor atau ritel lensa kacamata. Optik merupakan outlet yang menjadi pembeli produk dan pembelian dilakukan berulang kali. Perusahaan memberikan reward terhadap optik terbaik setiap bulannya dengan tujuan meningkatkan semangat optik dalam pembelian. Sistem Pendukung Keputusan suatu sistem informasi spesifik yang ditujukan untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan persoalan yang bersifat semi terstruktur. Dengan adanya sistem yang dibangun, PT. Domba Mas Indonesia menggunakan metode SAW dapat menenentukan optik terbaik dengan menggunakan recomendasi dari sistem. Dari hasil penghitungan terhadap lima alternatif dengan menggunakan lima kriteria didapat alternatif dengan nilai tertinggi 0,8916 yaitu Optik UD. Ginsa Primata. Sistem dibangun menggunakan Dreamweaver dan PHP My Admin. Proses pengambilan keputusan didasarkan pada kriteria-kriteria yang telah di tetapkan oleh PT. Domba Mas Indonesia.Penghitungan menentukan optik terbaik lebih akurat, data dan laporan penentuan optik terbaik dapat tersimpan secara baik didalam database. Sistem yang dibuat kemudian diuji menggunakan black box testing dengan hasil semua pengujian dapat diterima atau sesuai dengan yang direncanakan

References


Hapid, S. D., Dzulhaq, M. I., & Mulyono, T. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Supplier Bahan Produksi Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Vol, 10, 33–37.

Hidayat, C. (2021). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Ranahresearch.Com. https://ranahresearch.com/metode-waterfall/

Ian, S. (2011). Software engineering. Addison-wesley.

Khoirunnisa, K. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Memprediksi Jumlah Penjualan Softlens Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing Pada Optik Sekaran. Universitas Islam Sultan Agung.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. I. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Deepublish.

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., &

Napitupulu, D. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Pane, M. D. C. (2019). Memahami Berbagai Jenis Lensa Kacamata. Www.Alodokter.Com. https://www.alodokter.com/cek-bareng-bareng-jenis-lensa-kacamata-di-sini

Supriyono, S. (2020). Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System. IJISTECH (International Journal of Information System & Technology), 3(2), 227–233.

Wahidin, A. J. (2021). Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatan Layanan Pada STMIK Mahakarya. Sebatik, 25(2), 581–589.

Wibowo, H. (2010). MADM-TOOL: Aplikasi uji sensitivitas untuk model MADM menggunakan metode SAW dan TOPSIS. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.12226

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License