Model Waterfall Pada Sistem Informasi Pemantauan dan Rekapitulasi Tagihan Vendor

Januar Rama Fitra, Kresna Ramanda, Arief Rusman

Abstract


Permasalahan pemantauan riwayat transaksi jual beli antara suatu perusahaan dengan vendor tidak dilakukan dengan efektif, sehingga menimbulkan kasus pembayaran berulang yang dapat merugikan sebuah perusahaan. Permasalahan utama adalah tidak ada pemantauan atau rekapitulasi terhadap semua transaksi yang pernah dilakukan. Sistem informasi pemantau tagihan vendor dibutuhkan untuk penyelesaian masalah tersebut. Model Waterfall diterapkan dalam pengembangan sistem informasi, dimulai dari menganalisa kebutuhan sistem informasi, kemudian membuat sebuah desain baik berupa antarmuka pengguna maupun desain basis data, melakukan pengembangan sistem dengan media bahasa pemrograman yang menerjemahkan desain dengan komputer, proses ujicoba dan perawatan merupakan tahapan terakhir yang dilakukan pada metode pembuatan sistem informasi pemantau tagihan vendor. Membuat sebuah proses bisnis yang baik sehingga secara tidak langsung akan membantu memudahkan proses pemantauan. Masih terdapat beberapa fitur yang harus dilakukan perbaikan. Sistem informasi mampu melakukan pemantauan terhadap faktur jual beli mana saja yang sudah diproses maupun yang belum. Selain itu juga, sistem informasi menghadirkan sebuah fitur upload dokumen dan laporan seluruh riwayat transaksi

References


Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar Sistem Informasi. CV. Andi Offset.

Ginantra, N. L. W. S. R., Wardani, N. W., Aristamy, I. G. A. A. M., Suryawan, I. W. D., Ardiana, D. P. Y., Sudipa, I. G. I., Dirgayusari, A. M., Mahendra, G. S., Ariasih, N. K., & Parwita, W. G. S. (2020). Basis Data Teori dan Perancangan. Yayasan Kita Menulis.

Mulyani, S. (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah: Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (UML). Abdi Sistematika.

Nurhidayah, S., Fauzan, M. N., & Rahayu, W. I. (2020). Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan PHP. Kreatif Industri Nusantara.

Pamungkas, C. A. (2017). Pengantar dan Implementasi Basis Data. Deepublish.

Purnama, I., & Watrianthos, R. (2018). Sistem Informasi Kursus PHP dan MySQL. Uwais Inspirasi Indonesia.

Rahmayu, M., Serli, R. K., & Hanawi, S. A. (2019). Sistem Pelayanan E-Invoicing Bulanan Pada Apartemen Permata Surya 1 Jakarta. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 4(1), 18–26. https://doi.org/10.32767/jusim.v4i1.407

Rianto, I. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Lakeisha.

Widodo, A. W., & Kurnianingtyas, D. (2017). Sistem Basis Data. UB Press.

Yanto, R. (2012). Manajemen Basis Data menggunakan MySQL. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.11553

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License