Analisis Matrik BCG Terhadap Portofolio Produk Untuk Mengembangkan Strategi Pasar pada Penjualan Dried Flower Teman Bunga Sukabumi

Dicki Prayudi, Renny Oktapiani

Abstract


Dunia usaha yang didukung pemerintah dengan adanya badan ekonomi kreatif sangat membuat pengusaha muda di bidang kreatif dapat berkembang, seperti Teman Bunga, salah satu outlet dried flower di Sukabumi. Selama perkembangan operasionalnya dari tahun 2019, 2020, dan pertengahan 2021, Teman Bunga mengalami rata-rata penjualan yang meningkat. Strategi perusahaan diperlukan dengan kondisi perusahaan saat ini, dan alat Boston Consulting Group digunakan untuk mengukur kuadran kondisi perusahaan. Posisi tersebut diketahui setelah penghitungan volume penjualan sebelum dan setelah waktu pelaporan penjualan, dan perbandingan volume penjualan dengan pesaing. Hasil tingkat pertumbuhan pasar berada di posisi 11,72%  dan ukuran pangsa pasar relative berada di posisi 1,81 > 1, sehingga kuadran BCG Teman Bunga berada di posisi Stars yang berarti perusahaan menghadapi pangsa pasar tinggi dengan kondisi pertumbuhan tinggi

References


Mutandwa, E., Kanuma, N. T., Rusatira, E., Mugenzi, P., Govere, I., & Foti, R. (2009). Analysis of coffee export marketing in Rwanda: Application of the Boston consulting group matrix. African Journal of Business Management, 3(5), 210–219. https://doi.org/10.5897/AJBM09.009

Prayudi, D. (2021). Model Bisnis Kanvas Pada Teman Bunga. Jurnal Akrab Juara, 6, 6.

Purnomo, R. A. (2020). Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. In Yayasan Kita Menulis (1st ed., Vol. 53, Issue 9). Ziyad Visi Media.

Ryńca, R. (2016). Using the Idea of the Boston Consulting Group Matrix in Managing a University. Journal of Positive Management, 7(1), 70. https://doi.org/10.12775/jpm.2016.005

Subhan, A., & Peratiwi, M. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Produk dengan Metode Analisis Matriks BCG, SWOT dan Benchmarking pada Perusahaan Rubby Hijab. Jurnal Industrial Services, 3(1c), 311–316.

Sudrajat, D. (2017). Analisis Portofolio Produk Pasar Untuk Mengembangkan Perencanaan Pasar Stategis Pada Perusahaan Jasa Logistics. Binus Bisnis Review, 2(1), 260–273.

Suwarsono. (1996). Manajemen Strategik: Konsep dan Kasus. UPP AMP YKPN.

The Executive Fast Track. (2008). The Boston Consulting Group Matrix. http://www.12manage.com




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v10i1.11163

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License