Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Secara Online Menggunakan Metode Extreme Programming

Arief Rusman, Kresna Ramanda, Rizka Syaleha

Abstract


Rumah Sakit Siaga Raya, merupakan salah satu Rumah Sakit yang bergerak dibidang pelayanan Orthopedi dan Traumatologi (Bedah Tulang) dipilih sebagai tempat studi kasus yang dinilai memiliki data dan informasi yang cukup lengkap dimana tugas dan fungsinya memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit lebih khususnya dibidang pendaftaran pasien rawat jalan yang akan berobat. Dalam pelaksanaan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan, sistem yang digunakan oleh Rumah Sakit Siaga Raya belum cukup memberikan kemudahan bagi Pasien tersebut Sebagai konsumen yang menerima pelayanan. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, dilakukan pembuatan Sistem informasi pada pendaftaran pasien rawat jalan secara online menggunakan metode extreme programming, dengan tujuan membantu pihak rumah sakit dalam mengelolah data dan informasi pendaftaran pasien rawat jalan sehingga dapat mempermudah berjalannya pendaftaran pasien rawat jalan menjadi lebih efisien. Hasil akhir dari pembuatan Sistem informasi pada pendaftaran pasien rawat jalan secara online menggunakan metode extreme programming ialah suatu rancangan sistem informasi yang membantu pasien dalam melakukan pendaftaran dengan menggunakan teknologi pendukung.

References


Ferdiana, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global Extreme Programming. Yogyakarta: Andi.

Fowler, M. (2005). UML Distilled 3th Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Berorientasi Objek Standar. Yogyakarta: Andi Ofset.

Fuanasari, A. D., Suparwati, A., & Wigati, P. A. (2014). Analisis Alur Pelayanan Dan Antrian Di Loket Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSUD Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 2(1), 15–21.

Ilyas, M. M. (2017). Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Seminar Nasional IIB Darmajaya, 1(1), 477–486. Retrieved from https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/871

Kurniawati, & Ghofar, T. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMPN 71 jakarta. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK) 2017, 3(1), 158–162. Retrieved from http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2017/article/view/135

Ladjamudin, A.-B. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustakini, J. H. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i2.10730

INDEXING

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License