Perancangan Video Pendek Kampanye”Berhenti Merokok” untuk Mengurangi Pecandu Rokok di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di SMK Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung)

Rapiudin Rapiudin

Sari


ABSTRACT

Smoking habit in students is very dangerous if review from educational or healtiness and social economical aspect. Refer from educational aspect it’s very clearly that smoking habit in students realm is forbidden in educational realm, while from healtiness aspect the result is can causes heart attact, cancer, interference pregnancy and fetus. While from economical aspect is not needed outcome or wasting money.

Advertising intensive and cigarette product promotion and less of graphical caution for danger of smoking is one of causes that increase smoker in students realm. Be expected with this “Short Video Design As “Quit Smoking” Campaign To Reduce  Cigarette Addict In Students Realm ( Case Study At SMK Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung)” can be one of alternatives as solution toward smoking problem in students realm.

Keyword : Short Video, Campign, Stop Smoking

 

ABSTRAK

Kebiasaan merokok dikalangan pelajar sangat membahayakan baik ditinjau dari segi pendidikan, kesehatan maupun sosial ekonomi. Dilihat dari sudut pandang pendidikan sudah jelas bahwa kebiasaan merokok dikalangan pelajar sangat dilarang, sedangkan dari segi kesehatan akibat dari kebiasaan merokok akan menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, kanker, gangguan kehamilan, dan janin. Apabila dari segi ekonomi merupakan pengeluaran anggaran yang tidak perlu atau pemborosan.

Gencarnya iklan serta promosi produk rokok serta minimnya peringatan grafis terhadap bahaya merokok merupakan salah satu penyebab semakin bertambahnya para perokok dikalangan pelajar. Diharapkan dengan adanya “Perancangan Video Pendek Sebagai Kampanye “Berhenti Merokok” Untuk Mengurangi Pecandu Rokok Dikalangan Pelajar (Studi Kasus Di SMK Kartika Siliwangi XIX-1 Bandung” bisa menjadi salah satu alternatif solusi terhadap permasalahan merokok dikalangan pelajar.

Kata Kunci : Video Pendek, Kampanye, Berhenti Merokok


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Budiman, Kris. 2004. Semiotika Visual. Yogyakarta: Buku Baik

Durianto, Darmadi. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : CV MEDIA KARYA.

Liliweri, Alo. 2003. Makna Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: LKiS.

Nurudin, 2001. Komunikasi Propaganda. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ogilvi, David. 1990. Pengakuan Orang Iklan. Jakarta: Pustaka Tangga.

Piliang, Yasraf. 2003. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Bandung: Jalasutra.

Saptono, Bambang. 1993. Reka Reklame. Jakarta : Penerbit PT AGROMEDIA PUSTAKA.

Rustan, Suryanto. 2009. Layout Desain Dan Penerapannya. Jakarta: PT. GramediaPustaka.

Setiyono, Budi. 1999. Cakap Kecap. Yogyakarta : PPPI (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia).

Tinarbuko, Sumbo. 2005. Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta : Galang Printika.

Prakosa, Gunawan. 2005. Film Pendek Independen Dalam Penilaian.

Komite Film Dewan Kesenian Jakarta & Yayasan Seni Visual Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Mamer, B. 2009. Film Production Technique : Creating the Accomplished Image – Fifth Edition. Cengage Learning. USA

Badan Pusat Statistik, SUSENAS. 2013. Merokok, Minum-minuman Beralkohol dan Penggunaan Obat Terlarang. Badan Pusat Statistik Bandung.

www.tempo.coM

www.kalbemed.com

www.detik.com

www.bandung.go.id

www.gatra.com

www.antaranews.com






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI