Video Iklan Animasi Wilujeung Sumping Sebagai Pelestarian Pariwisata Heritage di Kota Bandung

Bintang Pamungkas, Oki Adityawan

Sari


ABSTRAK

Iklan digunakan untuk mempromosikan produk. Seiring berkembangnya zaman, Fungsi iklan berubah menjadi berbagai macam fungsi salah satunya sebagai media edukasi. Sifat dasarnya sebagai media pembujuk, mengajak, dan menarik pemirsanya. Pembuatan video iklan animasi melalui berbagai macam proses, mulai dari proses wawancara, observasi dan dokumen hingga proses pengolahan data-data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah video iklan animasi yang dibuat menggunakan media komputer dengan software Adobe Illustrator dan Adobe After Effects. Diharapkan video iklan animasi wilujeung sumping dapat menghasilkan output sebagai media edukasi kepada masyarakat kota Bandung untuk bekerjasama menjaga lingkungan monumen di kota Bandung agar tercapainya kenyamanan dalam berpariwisata serta menjadikan monumen sebagai bangunan heritage yang bersih, nyaman dan ikonik.

Kata Kunci: Iklan, Animasi, Pariwisata, Heritage, Monumen.

ABSTRACT

Advertisement used to promote product. As time develop, advertisement function turned into many variety of functions, one of them is medium for education. Its nature as persuader medium is to invite and attract viewers . Animated advertisement video creation through variety of processes, start from the interviews, observation and documents up to processing the data that has been collected become an animated video advertisement created using computer media with Adobe Illustrator and Adobe After Effects . Animated advertisement video “wilujeung sumping” is expected to be the one that can generate an output as medium for educating people in Bandung to collaborate preserving the monument environment of Bandung in order to achieve comfort on citizen tourism and makes monuments as heritage buildings are clean, comfortable and iconic.

Keyword: Advertisement, Animation, Tourism, Heritage, Monument.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ezmir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.

Lee , Monle dan Carla Johnson. 2011 Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Terjemahan: Haris Munandar & Dudi Priatna. Jakarta: Kencana.

Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Soekadijo, R.G., 2000. Anatomi Pariwisata: Memahami Pariwisata sebagai Systemic Linkage. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI