PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DAN MODERN ANAK USIA 4-6 TAHUN

Rini Oktafiani

Sari


Media Interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada anak yang tidak hanya mendengar dan melihat video atau suara, tetapi juga memberikan respon yang aktif, dan respon itu yang menen tukan kecepatan daya tangkap anak. Diharapkan Media Interaktif Pengenalan Alat Musik ini membuat daya pikir anak dapat berkembang dengan media visual. Tujuan perancangan Media Interaktif ini yaitu untuk menemukan solusi  media  pembelajaran  yang  baru  juga  membantu  mengenal  manfaat  penggunaan  komputer sebagai media belajar sedini mungkin. Perancangan Media Interaktif ini menggunakan ilustrasi yang di buat di Corel Draw X4 dan
aniamsi di buat di Adobe Flash Professional CS5.
 
Interactive media is an instructional delivery system that serves the material handling video recording with computers to children not only hear and see the video or voice, but also give an active response, and the response that determines the speed of children's arrest. Hopefully Interactive Media Introduction Musical makes its thought children could grow with visual media. The purpose of this Interactive Media planning to find a solution that is learning the new media also helps to know the benefits of using computers as learning
media sedini possible. Interactive Media Planning uses illustrations  made  in  Corel  Draw  X4  and  aniamsi  made  in  Adobe  Flash  Professional  CS5.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bakar, M.Naufal Zharif. 2008. “Mengenal Seni Musik Nusantara”. Widya duta. Surakarta

Banoe, Pono. 2006. “pengantar pengetahuan alat musik (Kamus Musik)”. CV Baru. Jakarta.

Ekosusilo, Madyo dan Krisnadi D.S. 1993. “metoda khusus pengajaran seni musik di SD”. Effhar Publishing. Semarang.

Kusrianto, Adi. 2009. “Pengantar Desain Komunikasi Visual”. Andi. Yogyakarta.

Masri, Andri. 2010. “Strategi Visual”. Jalasutra. Jogayakarta.

MSL, Atep. 2012. “Cartoon Guide”. Andi.Yogyakarta.

Parto, Suhardjo. 1996. “Musik Seni Barat”.Pustaka Pelajar. Yogya

Prof. Dr. Arikunto, Suharsimi. 2010.“Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Rineka Cipta. Jakarta.

Prof. Dr. Miasro, Yusuf Hadi.Msc. 2004.“menyelami benih teknologi pendidikan”. Perdana Media. Jakarta

Prof. Dr. Surya, H.Mohaman. 2004. “psikologi pembelajaran & pengajaran”. Pustaka Bani Quraisy. Bandung.

Rustan, Surianto. 2008. “layout dasar dan penerapannya”. Gramedia Pustaka. Jakarta.

Ruswandi, Tardi. 2008. “bahan ajar kecapi sitter”. Sunan Ambu Press. Bandung

Sabri, Ahmad. 2005. “strategi belajar mengajar micro teaching. Quantum teaching.” Jakarta

Sanyoto, Sudjiman ebdi. 2009. nirmana(elemenelemen

seni & desain)”. Jalasutra. Yogyakarta.

Sarwono, Jonathan. Dkk. “Metode Riset untuk Desain

Komunikasi Visual”. Andi. Yogyakarta.

Setiati, Eni.dkk. 2002. “EnsiklopediaJakarta”. Lentera abadi. Jakarta

Setya, Gusti. 2008. “Page Design using Adobe In Design”. Informatika. Bandung

Supriyono, Rakhmat. 2010. “Desain Komunikasi Visual teori &aplikasi”. Andi. Yogayakarta.

Tim Bina Karya Guru. 2006. “Seni Budaya dan Keterampilan (untuk Sekolah Dasar Kelas IV)”. Erlangga. Jakarta

Hasanatan, Holmer Suhendra. 2008. “perancangan media interaktif belajar bahasa inggris untuk anak usia 6-8 tahun (our house)”. Tugas Akhir-FSRD. Universitas ARS Internasional.

Masunah, Juju. Dkk. 2003. “angklung di Jawa Barat sebuah perbandingan”. P4ST UPI. Bandung.

Rahmanto, Adimas Heri Setiyo. 2007. “buku ilustrasi sebagai media komunikasi dan informasi tentang bencana untuk anak- anak”. Tugas AkhirFSRD. Universitas ARS Internasional.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI