PERANCANGAN MEREK DAN KEMASAN PRODUK KERUPUK UDANG YANG DIPRODUKSI DAN DI DISTRIBUSIKAN OLEH CV. BAHAGIA MANDIRI DI CIREBON SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN CITRA PRODUK ASLI CIREBON
Sari
Abstract - Within product selling process, good packaging have an important subject to define the result. Most of marketers threat packaging issue as one of product selling strategy. Choosing the right promotional media needs to pick the right media who can be used to promote its shrimp crackers in a right way and effective. Besides that, it also can bring budget effectiveness from their total promotional event budgets.
Keyword : Brand, Packaging, Promotional Media, Shrimp Cracker, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Marketing, Product Strategy, Design.
Abstrak - Dalam pemasaran suatu produk, pemberian wadah atau kemasan dapat memegang suatu peranan yang penting. Banyak orang pemasaran, memperlakukan masalah kemasan sebagai salah satu elemen dari strategi produk. Pemilihan media promosi perlu dilakukan untuk dapat memilah media mana saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk kerupuk udang tersebut secara efektif dan tepat sasaran. Selain itu pemilihan media juga diperlukan untuk mengefesienkan biaya yang diperlukan dalam melakukan promosi untuk penyelenggaraan kegiatan promosi tersebut.
Kata Kunci : Merek, Kemasan, Media Promosi, Kerupuk Udang, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Pemasaran, Strategi Produk, Desain
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adityawan, S., Tinjauan Desain Grafis, PT. Concept Media, 2010
Alex Sobur, Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003
Ardianto, Elvinaro, Metodologi Penelitian Public Relations, Simbiosa Rekatama Media, 2010
Badan Pusat Statistik Kota Cirebon, Kota Cirebon Dalam Angka Tahun 2012, BPS Kota Cirebon, 2012
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-Empat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum
Kenneth R.Berger. ”A Brief History of Packaging.” 2005. University of Florida
Kusrianto, Adi, Pengantar Desain Komunikasi Visual, CV. Andi Offset, 2007
Lembar Negara RI No. 15, tahun 1982
Locke, Two Treatises of Government, edited and introduced by Peter Laslett, 1988
PEMKOT Cirebon, Kota Cirebon Dalam Angka Tahun 2002, BPPD Kota Cirebon, 2002
Rakhmat, J., Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005
Syafrinaldi, Sejarah dan Teori Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, Al-Mawarid edisi IX, Januari, 2003
Sachari, Agus, Metodologi Penelitian Budaya Rupa, Erlangga, 2005
Wiryanto, Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo, 2000