PERANCANGAN MEREK DAN KEMASAN PRODUK KERUPUK UDANG YANG DIPRODUKSI DAN DI DISTRIBUSIKAN OLEH CV. BAHAGIA MANDIRI DI CIREBON SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN CITRA PRODUK ASLI CIREBON

Acep Johani, Hendy Yuliansyah

Sari


Abstract - Within product selling process, good packaging have an important subject to define the result. Most of marketers threat packaging issue as one of product selling strategy. Choosing the right promotional media needs to pick the right media who can be used to promote its shrimp crackers in a right way and effective. Besides that, it also can bring budget effectiveness from their total promotional event budgets.

 

Keyword : Brand, Packaging, Promotional Media, Shrimp Cracker, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Marketing, Product Strategy, Design.

 

 

Abstrak - Dalam pemasaran suatu produk, pemberian wadah atau kemasan dapat memegang suatu peranan yang penting. Banyak orang pemasaran, memperlakukan masalah kemasan sebagai salah satu elemen dari strategi produk. Pemilihan media promosi perlu dilakukan untuk dapat memilah media mana saja yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk kerupuk udang tersebut secara efektif dan tepat sasaran. Selain itu pemilihan media juga diperlukan untuk mengefesienkan biaya yang diperlukan dalam melakukan promosi untuk penyelenggaraan kegiatan promosi tersebut.

 

Kata Kunci : Merek, Kemasan, Media Promosi, Kerupuk Udang, Cirebon, CV. Bahagia Mandiri, Pemasaran, Strategi Produk, Desain


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adityawan, S., Tinjauan Desain Grafis, PT. Concept Media, 2010

Alex Sobur, Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003

Ardianto, Elvinaro, Metodologi Penelitian Public Relations, Simbiosa Rekatama Media, 2010

Badan Pusat Statistik Kota Cirebon, Kota Cirebon Dalam Angka Tahun 2012, BPS Kota Cirebon, 2012

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-Empat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum

Kenneth R.Berger. ”A Brief History of Packaging.” 2005. University of Florida

Kusrianto, Adi, Pengantar Desain Komunikasi Visual, CV. Andi Offset, 2007

Lembar Negara RI No. 15, tahun 1982

Locke, Two Treatises of Government, edited and introduced by Peter Laslett, 1988

PEMKOT Cirebon, Kota Cirebon Dalam Angka Tahun 2002, BPPD Kota Cirebon, 2002

Rakhmat, J., Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005

Syafrinaldi, Sejarah dan Teori Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, Al-Mawarid edisi IX, Januari, 2003

Sachari, Agus, Metodologi Penelitian Budaya Rupa, Erlangga, 2005

Wiryanto, Teori Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Grasindo, 2000






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI