Evaluasi Keunggulan Bersaing Bank XYZ Unit Bisnis Purna Bakti

Nur Rahmawati

Abstract


Abstrak  -  Bank XYZ dikenal sebagai bank yang memiliki peranan dalam melayani pembayaran manfaat pensiun maupun penyaluran kredit pensiun, khususnya pada unit bisnis Purna Bakti memiliki citra kuat sebagai bank mass market di Indonesia dengan pelayanan yang menggabungkan antara misi bisnis dan sosial. Munculnya beberapa Bank pesaing dalam melayani pembayaran manfaat pensiun maupun penyaluran kredit pensiun menjadikan permasalahan pada Bank XYZ untuk mempertahankan leading position dalam kredit pensiun. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal perusahaan dalam mencapai keunggulan bersaing dan melakukan evaluasi keunggulan bersaing pada Bank XYZ Purna Bakti. Peneliti menggunakan analisis internal perusahaan dari aspek sumber daya, kompetensi inti, kapabilitas, dan seluruh aktivitas rantai nilai perusahaan untuk melakukan evaluasi keunggulan bersaing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki sumber daya dengan reputasi tinggi, memiliki kompetensi inti dalam memberikan pelayanan sebagai misi bisnis dan sosial, memiliki kapabilitas tim manajemen yang handal, serta  kesatuan seluruh aktivitas rantai nilai perusahaan yang saling mendukung. Perusahaan juga telah melakukan strategi diferensiasi dalam mencapai keunggulan bersaing dari segi pelayanan yang berbeda dibandingkan pesaingnya sehingga memberikan nilai tambah yang bersifat jangka panjang dan sulit untuk ditiru.

 

Kata Kunci: Keunggulan bersaing, Kompetensi inti, Sumber daya, Kapabilitas,  Analisis rantai nilai, Diferensiasi

 

 

Abstract  XYZ Bank, is well known for it’s first rate service to pension in both pension benefit payment and pension loan installment. Purna Bakti unit in particular is highly valued as a mass market bank segment in Indonesia which integrating business and social mission. The challenge going forward is to sustain the Bank’s market leadership position, especially with increasing competition from other banks with same specialization. The research is purposed to analyze internal factor in a company to gain competitive advantage and evaluate this competitive advantage.  The method of internal analysis will be used to identify company’s strong point namely core competence, resources, capabilities, and whole value chain activities. The result shows that XYZ Bank has reputable resources, excellent core competence in their services, capable team management, and supportive value chain activities to command in a whole company. The Bank has been successfully implementing differentiation strategy to gain competitive advantage from different service perspective which giving it long-term strong point and making it distinct from another company.

 

Keywords: Competitive advantage, Core Competence, Resources, Capabilities,  Value Chain, Differentiation 

Full Text:

PDF

References


Barney, J. B. (2002). Gaining and sustaining competitive advantage. In Pearson Prentice Hall, New Jersey.

BTPN. (2016). Annual Report BTPN.

Cooper & Donald R Schindler. (2011). Business Research Methods. In McGraw Hill, New York.

David, F. R. (2011). Strategic Management: Concepts and Cases (Thirteenth Edition). In Prentice Hall.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2009). Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. In Jakarta: Salemba Empat.

Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage. Creating and sustaining superior performance. In The Free Press, New York.

Prahalad, C. K., & Hamel, G. (1990). The core competence and the corporation. Harvard Business Review.

Purnomo, R. (2011). Resource-Based View dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan : Sebuah Telaah Kritis Terhadap Pemikiran Jay Barney ( 1991 ). Proceeding Seminar Nasional & Call For Papers (SCA-1).

Rothaermel, F. (2015). Strategict Managment, 3rd edition. In Mc Graw Hill Education, New York.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, CV.

Thompson Jr., Arthur A., Strickland, A. J. (2014). Strategic Management-concept and cases. 19th edition. In McGraw-Hill, New York.

Wibisono. (2008). Riset Bisnis: Panduan Bagi Praktisi dan Akademisi. In Ri




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v19i1.9559

Copyright (c) 2021 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License