Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SDIT Islamicity Tangerang

Herayati Herayati

Abstract


Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis dan psikologis. Lokasi penelitian ini adalah di SD IT Islamicty Tangerang. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan pesertadidik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya di analisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validasi data terhadap focus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah jujur, disiplin, tertib, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan futsal, Taekwondo, Panahan, Pramuka dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik. Sebagai implikasinya, SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter


Full Text:

PDF

References


A.Kadir Ahmad, Dasar-dasar metode penelitian kuantitatif, 2003

Makassaar: CV Indobis media Center

Aqib, zainal dan sujak. 2011.Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.

Bandung : Yrama Widya

Bernadine dan susilo supardo. 2005.Kepemimpinan:

Dasar-dasar dan pengembangannya. Jogjakarta: Andi

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat

Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Uatama

D jam’an Satori, dkk,2009. Metode penelitian kualitatif

Bandung : Alfabeta

Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung

Alfa beta

Handoko, T.Hani. 1997. Manajemen

Yogyakarta : BPFE

H.M Satu Alang 2003, Kesehatan mental dan terapi islam

Makasar CV. Berkah Utami

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya

Dan Karakter Bangsa. Jakarta : KPN

Kementrian Pendidikan Nasional pada Design Induk Pendidikan Karakter 2010

Jakarta

. 2010. Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama

( Jakarta : Direktorat Jendral Mandikdasmen,2010 )

Masnur muslich.2011. Pendidikan menjawab tantangan krisis multimensioanal

Jakarta : Bumi Aksara

Mulyasa, E,2003, Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosda Karyat

Manajemen Berbasis Sekolah, konsep, Strategi dan

Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya

Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8760

Copyright (c) 2020 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License