Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di SDIT Islamicity Tangerang
Abstract
Kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada SDIT Islamicity Tangerang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (2) untuk mengetahui strategi dalam memimpin yang dilakukan oleh pimpinan sekolah dalam mengembangkan pendidikan budaya karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (3) Untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menilai dan mengendalikan prilaku warga sekolah, (4) untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang, (5) Untuk mengetahui factor pendukung dan penghambat manajemen kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter di sekolah SDIT Islamicity Tangerang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, pedagogis dan psikologis. Lokasi penelitian ini adalah di SD IT Islamicty Tangerang. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah ada dua sumber data, data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan pesertadidik sedangkan data sekunder adalah dokumen RPP yang terkait dengan objek yang diteliti. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya di analisis secara kualitatif dengan menggunakan triangulasi untuk memastikan validasi data terhadap focus yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi pada kegiatan proses pembelajaran adalah jujur, disiplin, tertib, peduli, dan tanggung jawab. Sedangkan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dilakukan melalui kegiatan futsal, Taekwondo, Panahan, Pramuka dengan cara memberikan motivasi, pemahaman, nasihat, sangsi, keteladanan dan hadiah kepada peserta didik. Sebagai implikasinya, SDIT Islamicity Tangerang lebih meningkatkan implementasi nilai-nilai pendidikan karakter baik pada proses pembelajaran atau kegiatan intrakurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler agar dapat menciptakan generasi yang berkarakter yang berintegritas moral yang tinggi.
Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Pendidikan Karakter
Full Text:
PDFReferences
A.Kadir Ahmad, Dasar-dasar metode penelitian kuantitatif, 2003
Makassaar: CV Indobis media Center
Aqib, zainal dan sujak. 2011.Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter.
Bandung : Yrama Widya
Bernadine dan susilo supardo. 2005.Kepemimpinan:
Dasar-dasar dan pengembangannya. Jogjakarta: Andi
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat
Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Uatama
D jam’an Satori, dkk,2009. Metode penelitian kualitatif
Bandung : Alfabeta
Fahmi, Irham. 2012. Manajemen Kepemimpinan Teori dan Aplikasi. Bandung
Alfa beta
Handoko, T.Hani. 1997. Manajemen
Yogyakarta : BPFE
H.M Satu Alang 2003, Kesehatan mental dan terapi islam
Makasar CV. Berkah Utami
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya
Dan Karakter Bangsa. Jakarta : KPN
Kementrian Pendidikan Nasional pada Design Induk Pendidikan Karakter 2010
Jakarta
. 2010. Buku Pedoman Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama
( Jakarta : Direktorat Jendral Mandikdasmen,2010 )
Masnur muslich.2011. Pendidikan menjawab tantangan krisis multimensioanal
Jakarta : Bumi Aksara
Mulyasa, E,2003, Menjadi Kepala sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja
Rosda Karyat
Manajemen Berbasis Sekolah, konsep, Strategi dan
Implementasi. Bandung : Remaja Rosda Karya
Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i2.8760
Copyright (c) 2020 Jurnal Perspektif
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License