Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0

Ali Mustopa, Sarifah Agustiani, Siti Khotimatul Wildah, Maysaroh Maysaroh

Abstract


Website merupakan layanan informasi bagi seluruh pengguna yang dapat diakses tanpa batas. Penggunaan website juga banyak digunakan seperti pada dunia pendidikan. Salah satu penerapan website pada dunia pendidikan diterapkan pada kampus Universitas Bina Sarana Informatika yang memberikan layanan website kepada mahasiswa berupa Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN). Website LYKAN digunakan sebagai wadah informasi mahasiswa berupa data prestasi, penelitian dan sarana konseling dengan dosen pembimbing akademik. Namun, untuk mencapai hasil website yang lebih baik kedepannya diperlukan sebuah pengembangan dari segi informasi maupun layanan sehingga menghasilkan kualiatas website yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dalam penelitian ini, kualitas dari website LYKAN diukur dengan menggunakan metode Webqual 4.0 sebagai tolak ukur pengembangan sistem dari website tersebut yang didalamnya terdapat variabel yaitu kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi. Dalam menentukan hasil dari ketiga varibel tersebut, digunakan Chi Square Test untuk mengetahui pengaruh variabel tersebut terhadap kepuasan pengguna website. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian kuesioner yang berasal dari kelas 13.3C.01 dengan jumlah mahasiswa 42 orang dan pengambilan sampel sebanyak 38 responden. Dari penelitian yang dilakukan menggunakan chi square test menghasilkan keputusan bahwa nilai uji menunjukkan X2 sebesar 47,76 sedangkan derajat kebebasan bernilai sebesar 15,07 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan antara kualitas kegunaan, kualitas informasi dan kualitas interaksi memiliki hubungan terhadap kepuasan pengguna website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN).

 

Kata Kunci: Website, LYKAN, Webqual, Chi Square Test, Kepuasan pengguna


Full Text:

PDF

References


Abbas, W. (2013). Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Prosiding SNST Ke-4, F1. 1-6.

Agustina, N. (2016). Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada . co . id Menggunakan Teknik Pengukuran WebQual, 1(1), 42–54.

Astuti, A. P., & Sari, P. K. (2016). Analisis Kualitas Website Lazada Indonesia Berdasarkan Metode WebQual 4.0 dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna. E-Proceeding of Management, 3(2), 1341–1348.

Hapsari, K., & Priyadi, Y. (2017). Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 7(1), 66. Retrieved from https://doi.org/10.21456/vol7iss1pp66-72

Hekhmatyar, O. G., & Supriyadi, D. (2017). Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI, 2(2), 2–7.

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). PENGGUNA WEBSITE POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA THE IMPACT OF WEBQUAL 4 . 0 METHOD TOWARDS USER, 477–484.

Monalisa, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual ( Studi Kasus : UIN Suska Riau ). Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, ISSN 2407-0939, 13(2), 181–189.

Negara, I. C., & Prabowo, A. (2018). PENGGUNAAN UJI CHI – SQUARE UNTUK MENGETAHUI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN UMUR TERHADAP PENGETAHUAN PENASUN MENGENAI HIV – AIDS DI PROVINSI DKI JAKARTA Igo Cahya Negara Agung Prabowo Jurusan Matematika , FMIPA Universitas Jenderal Soedirman , Purwokert. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Terapannya 2018.

Pamungkas, R. A., Alfarishi, E., Aditiarna, E., Muklhisin, A., Faticha, R., & Aziza, A. (2019). Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4 . 0 dan Importance Performance Analysist ( IPA ), 3(1), 17–23. https://doi.org/10.30865/mib.v3i1.1009

Putra, Z. F. S., Sholeh, M., & Widyastuti, N. (2014). Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal SCRIPT. Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta., 2(1).

Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian. Alfabet.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaifullah, & Soemantri, D. O. (2016). PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v18i1.7413

Copyright (c) 2020 Jurnal Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License