Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Di SDIT Wirausaha Indonesia
Abstract
Untuk membangun sebuah organisasi termasuk organisasi sekolah, manajemen sangatlah penting keberadaannya. Tidak sedikit sekolah yang mengalami kemunduran bahkan sampai mengalami kebangkrutan dikarenakan oleh manajemen yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Manajemen kurikulum dan pembelajaran; (2) Manajemen peserta didik; (3) Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan; (4) Manajemen sarana dan prasarana; (5) Manajemen pembiayaan di SDIT Wirausaha Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Manajemen kurikulum dan pembelajaran di SDIT Wirausaha Indonesia dilaksanakan dengan menggunakan fungsi manajemen POAC. 2. Manajemen peserta didik sudah berjalan dengan baik. 3. Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan sudah dilaksanakan baik berdasarkan fungsi manajemen. 4) Manajemen Sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar pengelolaan. 5) Manajemen Pembiayaan dikelola secara akuntabilitas.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3216
Copyright (c) 2018 Perspektif
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License