Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Di SDIT Wirausaha Indonesia

Nur Komariah

Abstract


Untuk membangun sebuah organisasi termasuk organisasi sekolah, manajemen sangatlah penting keberadaannya. Tidak sedikit sekolah yang mengalami kemunduran bahkan sampai mengalami kebangkrutan dikarenakan oleh manajemen yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Manajemen kurikulum dan pembelajaran; (2) Manajemen peserta didik; (3) Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan; (4) Manajemen sarana dan prasarana; (5) Manajemen pembiayaan di SDIT Wirausaha Indonesia. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1. Manajemen kurikulum dan pembelajaran di SDIT Wirausaha Indonesia dilaksanakan dengan menggunakan fungsi manajemen POAC. 2. Manajemen peserta didik sudah berjalan dengan baik. 3. Manajemen pendidik dan tenaga kependidikan sudah dilaksanakan baik berdasarkan fungsi manajemen. 4) Manajemen Sarana dan prasarana sudah sesuai dengan standar pengelolaan. 5) Manajemen Pembiayaan dikelola secara akuntabilitas.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v16i1.3216

Copyright (c) 2018 Perspektif



 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License