Pengaruh Literasi Bisnis Digital Terhadap Intensi Berwirausaha Generasi Z Melalui Moderasi Financial Technology

Reni Hariyani, Tio Prasetio

Abstract


Percepatan teknologi keuangan memberikan banyak perubahan pada transaksi bisnis bidang ekonomi di Indonesia. Kondisi ini diikuti dengan banyaknya pemutusan hubungan kerja karyawan di perusahaan. Salah satunya membuat generasi Z harus dapat beradaptasi dengan dunia wirausaha dan meningkatkan kemampuan literasi bisnis yang baik. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh literasi bisnis digital terhadap intensi niat berwirausaha generasi Z serta untuk mengetahui peran moderasi financial technology pada pengaruh literasi bisnis digital terhadap intensi niat berwirausaha generasi Z. Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan distribusi kuesioner secara online. Teknik perhitungan jumlah sampel memakai rumus metode slovin dengan jumlah sampel yaitu 400 responden generasi Z wilayah Provinsi Jakarta. Hasil penelitian membuktikan bahwa literasi bisnis digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensi niat berwirausaha generasi Z wilayah provinsi Jakarta. Selain itu hasil riset menunjukkan bahwa financial technology memoderasi pengaruh literasi bisnis digital terhadap intensi niat berwirausaha generasi Z wilayah provinsi Jakarta. Implikasi hasil penelitian ini dapat meningkatkan jumlah entrepreneur sukses yang berasal dari generasi Z di Indonesia dengan meningkatkan literasi bisnis digital dan penggunaan financial technology yang tepat guna

Full Text:

PDF

References


Assariy, A. (2024). Gen Z dan (Mis) konsepsi Work-Life Balance.Detikcom.https://news.detik.com/kolom/d-7154593/gen-z-dan-mis-konsepsi-work-life-balance

BPS. (2024). Infografis Statistik Demografi dan Sosial. Badan Pusat Statistik. https://jakarta.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTA1NyMy/jumlah-penduduk-hasil-sensus-penduduk-2020-menurut-generasi-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-dki-jakarta.html

Elysa Septiana, A. D. (2024). Perubahan Perilaku Konsumen Generasi Milenial Dan Generasi Z Terhadap Pembelian Consumer Goods Pada Era Digital Di Desa Beton. IJMA (Indonesian Journal of Management and Accounting), 5(2), 248–261. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/ijma.2024.5(2).248-261

Firdaus. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Analisis Regresi IBM SPSS Statistcs Version 26.0. Bengkalis: DOTPLUS Publiser.

Gustmalo. (2024). Pengaruh Literasi Digital dan Motivasi Terhadap Intensi Berwirausaha Digital dengan Penggunaan Media Sosial Sebagai Variabel Moderasi. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(3), 649–666. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/jceki.v3i3.3206

Hasan. (2021). Literasi Kewirausahaan dan Literasi Bisnis Digital Pada Generasi Milenial Pelaku Usaha: Perspektif Kirzerian Entrepreneur. Journal of Business Management Education, 6(1), 28–39. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jbme.v6i1.34129

Hisyam. (2024). Analisis Peluang Wirausaha Mahasiswa di Tengah Perkembangan Ekonomi Era Digital (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta). Journal of Creative Student Research (JCSR),2(3).https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v2i3.3834

Peraturan Bank Indonesia, Pub. L. No. Nomor 18/40/PBI/2016, Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran (2016).

Laksmi, S. (2024). Analytical Study On Factors Shaping The Skill Development Towards Entrepreneurial Mindset Among Generation Z-Study Limited To Chennai City. Educational Administration: Theory and Practice, 30 (5), 5421 – 5427. https://doi.org/10.53555/kuey.v30i5.3791

Marpaung. (2024). Pengaruh dan Peluang Usaha Terhadap Kesiapan Mahasiswa Untuk Menjadi Wirausaha. Moneter : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan,2(1).https://doi.org/https://doi.org/10.61132/moneter.v2i1.148

Peraturan Menteri, Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (2023).

Nugroho, R. A. (2024). 3 Tren Belanja Warga RI: YOLO, FOMO & FOPO, Ah Sudahlah! CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/202409260

-4-574731/3-tren-belanja-warga-ri-yolo-fomo-fopo-ah-sudahlah

PMK, K. (2024). Kewirausahaan Pemuda Berperan Untuk Wujudkan Indonesia Maju. Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. https://www.kemenkopmk.go.id/kewirausahaan-pemuda-berperan-untuk-wujudkan-indonesia-maju

Purwanto. (2022). Perkembangan Dan Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan di Masyarakat. Kompleksitas: Jurnal Manajemen, Organisasi dan Bisnis, 11(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56486/kompleksitas.vol11no1.220

Riyanto, G. P. (2024). Bisnis E-commerce Indonesia 2024 Tembus Rp 1.026 Triliun, Didorong Tren Live Shopping. Kompascom. https://tekno.kompas.com/read/2024/11/13/17335027/bisnis-e-commerce-indonesia-2024-tembus-rp-1026-triliun-didorong-tren-live

Sahban. (2024). Pengaruh Media Sosial dan Teknologi Digital Terhadap Minat Berwirausaha di Kalangan Mahasiswa Manajemen Bisnis. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3).https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i3.31681

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.

Sutrisno, E. (2024). Transaksi QRIS Melonjak 226,54%, Revolusi Pembayaran Digital di Indonesia. Portal Informasi Indonesia. https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8434/transaksi-qris-melonjak-226-54-revolusi-pembayaran-digital-di-indonesia

Weligodapola, M. (2023). Personality Traits Empower Entrepreneurial Intention Of Generation Z in Srilanka. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(89), 1–23. https://doi.org/https:doi.org/10.1186/s13731-023-00349-1

Yudhaningrum. (2021). Pengambilan Risiko dan Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 10(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPPP.101.05

Yusuf. (2024). Tantangan dan Peluang: Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Menuju Wirausaha di Era Digital. RECORD: Journal of Loyality and Community Development, 1(1). https://ejournal.mediakunkun.com/index.php/record/article/view/61




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v23i1.24784

Copyright (c) 2025 Reni Hariyani, Tio Prasetio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License