Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Fashion pada Shopee di Karawang

Rindy Silawati, Salim Siregar

Abstract


Perilaku konsumen dalam pembelian fashion melalui platform Shopee di Karawang dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang signifikan. Maksud dari temuan penelitian ini ialah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam hal pembelian fashion di Shopee Karawang. Pendekatan yang di terapkan ialah metode Hair dengan metode berbasis angka (kuantitatif). Informasi dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang melakukan pembelian fashion melalui Shopee di Karawang. Analisis data ada yang dilakukan dengan menggunakan teknik statistik untuk mengevaluasi hubungan antara faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen. Pada kenaikan 1% dalam Faktor Psikologi (X4) terkait dengan peningkatan positif sebesar 0,475 dalam keputusan pembelian konsumen di Shopee Karawang, dengan asumsi variabel lainnya tetap. Temuan dari penelitian ini menyediakan pemahaman tentang faktor-faktor seperti kepercayaan konsumen terhadap platform, kualitas produk, harga, promosi, dan pengalaman pembelian yang memiliki dampak pada keputusan dan tindakan pembelian konsumen dalam memilih dan membeli fashion melalui platform Shopee di Karawang

Full Text:

PDF

References


Ady Triyas, A. P., Wulan Maulida, D. R., & Rahmawati, N. A. (2024). Analisis Representasi Influencer dalam Memunculkan Budaya Hiperrealitas Mahasiswa Terhadap Suatu Produk Melalui Konten Review. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(3), 1025–1036. https://doi.org/10.54082/jupin.457

Anindita, N. (2022). PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BISNIS GAWASTA (Studi Kasus Pada Toko Perhiasan Gawasta di Madiun). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(2), 12–26.

Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2010(2), 434–440. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.66

Asep Suhendar Aprilia. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809

Athirah, R. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Kepercayaan, dan Media Sosial Terhadap Minat Masyarakat Berdonasi Via Platform Cowdfunding Kitabisa.com (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya). FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1–13.

Hansel Manuele. (2022). PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN, KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI INVESTASI ONLINE TERHADAP MINAT INVESTASI SAHAM. Journal of Islamic Accounting Research, 1–23.

Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2022). PENGARUH PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Penelitian Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Mengkonsumsi Produk Mie Instan Merek Indomie). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2), 74110.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Masturoh, F., Isyanto, P., & Sumarni, N. (2023). Factors That Influence The Online Shopping Behavior Of Buana Perjuangan Karawang University Students. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 6174–6182. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Mauludin, M. S., Dewa Saputra, A., Zulfika Sari, A., Munawaroh, I., & Pramesti Regita, E. (2022). Analysis of Consumer Behavior in Transactions in E-Commerce. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 1(1), 108–123. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings

Prasetyo, T., & Bodroastuti, T. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen. Kajian Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 1–17.

Rachmawati, A., Agus Kana, A., & Anggarini, Y. (2020). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , dan Gaya Hidup Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis STIM YKPN, 1(2), 187–200. http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb/article/view/191

Sianata, V. V., & Keni, K. (2023). Faktor-faktor penentu niat beli produk pakaian. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(2), 149–168. https://doi.org/10.28932/jmm.v22i2.5999

Sigar, C., Haidar, K., & Astuti, R. F. (2022). Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Commerce Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(2), 53–61. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i2.2233

Susanto, H., & Muljadi. (2022). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer RatingTerhadap Minat Pembelian Pada Pelanggan Online Shop Bukalapak(Studi Pada Pelanggan Online Shop Bukalapak KaryawanPt. Imexindo Intiniaga). Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 10(1), 59–70.

Syaiful, I. A., & Sari, A. V. K. (2017). Faktor-faktor yang Memengaruhi Perilaku Konsumen dalam Bertransaksi di Media Sosial. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 95. https://doi.org/10.21580/pjpp.v1i1.904

Teddy, A., Dinda, A., & Zuliestiana, S. E. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Gofood Di Kota Bandung the Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decisions Through Gofood Application in Bandung City. E-Proceeding of Management, 7(2), 5422–5428.

Umbara, T., Laksmi, N., & Wulandari, P. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 229–242. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3618




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v22i2.22230

Copyright (c) 2024 Rindy Silawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License