Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Senja Kosmetik, Karawang

Calistha Bunga Friescilla, Ajat Sudrajat

Abstract


Toko Senja Kosmetik merupakan salah satu toko kosmetik terkemuka di Karawang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor psikologi terhadap perilaku konsumen yang terdiri dari motivasi, persepsi, pengetahuan, dan sikap, baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian konsumen Toko Senja Kosmetik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu asumsi klasik yang mencakup uji korelasi, normalitas, homosketdastisitas, autokorelasi, multikolinearitas, serta uji regresi linier berganda yang terdiri dari R Square, uji F dan uji T menggunakan  IBM SPSS versi 25 sebagai alat pengolahan data. Toko Senja Kosmetik ditemukan bahwa variabel independen (bebas) yang terdiri dari variabel motivasi (X1), Persepsi (X2), Pengetahuan (X3), dan Sikap (X4) memiliki pengaruh yang signifikan secara bersamaan dan bersamaan terhadap keputusan pembelian kosmetik (Y) di Toko Senja Kosmetik. Namun, variabel Persepsi (X2) dan Pengetahuan (X2) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa semua variabel berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Keputusan Pembelian. Secara parsial, variabel Motivasi dan Sikap menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian kosmetik di Toko Senja Kosmetik, dengan variabel Motivasi sebagai variabel paling dominan

Full Text:

PDF

References


G. Schiffman, L. W. (2015). Consumer Behavior Consumer behavior. In Pearson Education India (Vol. 27, Issue 23).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management.

Limanseto Haryo. (2024). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan Blue Economy. In Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/5626/hasilkan-produk-berdaya-saing-global-industri-kosmetik-nasional-mampu-tembus-pasar-ekspor-dan-turut-mendukung-penguatan-blue-economy#:~:text=Pertumbuhan fenomenal industri kosmetik di,1.010 perusahaan pada pert

Marlius, D. (2017). KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR PSIKOLOGIS DAN BAURAN PEMASARAN PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG. 1(1).

Muhamad, N., Leong, V. S., & Mizerski, D. (2016). Consumer knowledge and religious rulings on products: Young Muslim consumer’s perspective. Journal of Islamic Marketing, 7(1), 74–94. https://doi.org/10.1108/JIMA-08-2014-0056

Oktaviano, D. (2022). PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN SOSIOLOGIS TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL (Studi Pada Konsumen Mobil Avanza di Provinsi Lampung). Journal Strategy of Management and Accounting Through Research and Technology (SMART), 1(2), 46–54. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/smart/article/view/1685

Pricilia, Y. W. (2019). Faktor Psikologis Konsumen yang Memengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif Produk Fashion di Malang Town Square. Universitas Brawijaya Malang, 0910220192, 1–87.

Sharif, S., Rehman, S. U., Ahmad, Z., Albadry, O. M., & Zeeshan, M. (2024). Consumer quality management for beverage food products: analyzing consumer’ perceptions toward repurchase intention. TQM Journal, 36(2), 431–459. https://doi.org/10.1108/TQM-01-2022-0012

Soetanto, J. P., Septina, F., & Febry, T. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Amondeu. Performa, 5(1), 63–71. https://doi.org/10.37715/jp.v5i1.1303

Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Syam, M. K., Dilla, A. M., & Musa, M. I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Pt. Suracojaya …. Fakultas Ekonomi.

Wijaya, V. S. (2011). PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI, MOTIVASI, DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL HONDA DI KAWASAN KABUPATEN KUDUS. 11(2), 1–38.

Yunita, A., Makmur, & Afrizal, A. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Honda Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. Manajemen, 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/110376-ID-analisis-pengaruh-persepsi-konsumen-terh.pdf




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v22i2.22221

Copyright (c) 2024 FRIESCILLA BUNGA CALISTHA, AJAT SUDRAJAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License