Peran Orientasi Pembelajaran, Kepribadian Proaktif Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Dengan Creative Self-Efficacy Variabel Mediasi
Abstract
Abstrak - Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh orientasi pembelajaran, kepribadian proaktif terhadap perilaku kerja inovatif dengan creative self-efficacy sebagai variabel mediasi pada UKM di Kabupaten Kebumen. Sampel dalam penelitian ini adalah pada UKM binaan Griya Pamer Dekranasda di Kabupaten Kebumen yang berjumlah 50 UKM. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik convenience sampling, menggunakan metode metode analisis jalur yang diolah dengan menggunakan program SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel orientasi pembelajaran dan kepribadian proaktif berpengaruh dan signifikan terhadap Creative Self-Efficacy.Orientasi Pembelajaran berpengaruh dan signifikan terhadap Perilaku kerja inovatif, Kepribadian Proaktif berpengaruh dan signifikan terhadap Perilaku kerja inovatif, dan Creative Self-Efficacy tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap perilaku kerja inovatif pada UKM di Kabupaten Kebumen. Koefisien determinasi pada uji hipotesis menunjukkan bahwa creative self-efficacy dipengaruhi oleh orientasi pembelajaran dan kepribadian proaktif sebesar 80,2%. Perilaku kerja inovatif dipengaruhi oleh Orientasi Pembelajaran, Kepribadian Proaktif, dan Creative Self-Efficacy sebesar 90,3%.
Kata Kunci: Orientasi Pembelajaran, Kepribadian Proaktif, Perilaku Kerja Inovatif, Creative Self-Efficacy
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/jp.v22i1.16900
Copyright (c) 2024 Ulfah Shalma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License