Pengaruh Perkembangan Teknologi, Strategi Bisnis dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Minat Pembelian

Angelina Jasmine Poernomo, Fanny Septina

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan teknologi, strategi bisnis dan sistem informasi akuntansi manajemen terhadap minat pembelian. Deskripsi kuantitatif merupakan jenis penelitian yang dilakukan dalam pembuatan artikel ini. Fokus penelitian terdiri dari variabel independen: X1) perkembangan teknologi, X2) strategi bisnis, X3) sistem informasi akuntansi manajemen dan variabel dependen Y) Minat pembelian. Populasi dan sampel dari penelitian ini yaitu mahasiswa dari Universitas Ciputra yang pernah melakukan transaksi di e-commerce yang sekarang telah bergabung ke pasar belanja online secara shoppertainment. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini yaitu data primer dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner. Data yang disebarkan sebanyak 673 kuesioner, kembali 253 kuesioner dan berhasil terkumpul 241 kuesioner yang berhasil untuk diolah data. Teknik analisis data ini dengan persamaan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dengan melalui tahapan uji statistic, seperti uji validitas, uji reliabilitas, analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi menunjukan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh secara signifikan positif terhadap variabel dependen.


Full Text:

PDF

References


Dastane, O. (2020). Impact of Digital Marketing on Online Purchase Intention: Mediation Effect of Customer Relationship Management. Journal of Asian Business Strategy, 10(1), 142–158. https://doi.org/10.18488/journal.1006.2020.101.142.158

Dihni, V. A. (2022). Tren Belanja Online Shoppertainment. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/63228cb8c53ef/tren-belanja-online-shoppertainment

Idris, M. (2022). Pengertian E-commerce dan Bedanya dengan Marketplace. KOMPAS.Com. https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all#page2

Listiani, T., & Wulandari, A. (2022). Pengaruh Keamanan Bertransaksi, Kemudahan Transaksi dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia.

Millennia, F. H. (2019). E-Commerce Memiliki Sistem Informasi Akuntansi yang Sangat Mudah. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/millenniafitri/5d6e780b097f36319d46cf43/e-commerce-memiliki-sistem-informasi-akuntansi-yang-sangat-mudah

Nurmalia, V. D., & Wija, L. E. (2018). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE. JRMB, 13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21460/jrmb.2018.131.305

Oktavia, W. (2023). Lagi Ngetren, Apa itu Shoppertainment. Tempo.Co. https://bisnis.tempo.co/read/1692041/lagi-ngetren-apa-itu-shoppertainment#:~:text=Istilah%20shoppertainment%20merujuk%20pada%20cara%20berjualan%20berbasis%20konten,efek%20penggunaan%20produk%2C%20hingga%20pembelian%20produk%20secara%20langsung.

Prashandyawan, B. Y., Hetami, A. A., & Arsyad, A. W. (2019). PENGARUH E-COMMERCE TOKOPEDIA.COM TERHADAP MINAT BELI PAKAIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN. 7(4), 267–279. https://tekno.kompas.com

Sari, D. I., Bagus, I., Udayana, N., & Setiawan, B. (2022). The Role Of Influencers And Lifestyles In Influence Purchase Intention Of Shoppe And Tik-Tok Shop Users. https://jurnal.smartindo.org/index.php/ekobil

Serfiani, C. Y., Purnomo, S. D., & Hariyani, I. (2013). Bisnis Online dan Transaksi Elektronik (1st ed.). PT Gramedia Pustaka Utama.

Setyo Wati, A. (2023). PERANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (MICROSOFT EXEL) PADA KINERJA KEUANGAN TOKO KUE ACHI’S CAKE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. In Jurnal Manajemen dan Ekonomi (Vol. 1, Issue 1).

Song, C. ;, & Liu, Y.-L. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. http://hdl.handle.net/10419/238054

Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How Live Streaming Changes Shopping Decisions in E-commerce: A Study of Live Streaming Commerce. Computer Supported Cooperative Work: CSCW: An International Journal, 31(4), 701–729. https://doi.org/10.1007/s10606-022-09439-2




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v21i2.15960

Copyright (c) 2024 Angelina Jasmine Poernomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License