FENOMENA PANDEMI COVID 19 YANG MERUBAH KEHIDUPAN MASYARAKAT DAN MODEL PEMASARAN KONVENSIONAL PARA PELAKU USAHA KECIL MENENGAH

Wisnu Rayhan Adhitya, Tika Nirmala Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perubahan strategi pemasaran yang diterapkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah yang ada di kota Medan. Akibat dari masalah pandemi yang berlangsung di seluruh dunia banyak menyebabkan beberapa sektor lumpuh, terutama sektor perekonomian dan bisnis. Para pelaku usaha harus memutar otak agar bisa bertahan dan mampu beradaptasi terhadap musim pandemi yang tidak kunjung selesai ini. Salah satu terobosan yang banyak dilakukan para pelaku usaha adalah dengan merubah teknik pemasaran konvensional menjadi pemaran elektronik dengan memanfaatkan infrastruktur teknologi dan jaringan internet untuk melaksanakannya. Akhirnya, hingga saat ini pandemi sudah mulai berakhir para pelaku usaha masih mampu mempertahankan usahanya dan melakukan pengembangan lagi dengan menerapkan perkembangan teknologi sehingga bisa lebih maju dan bertahan lebih lama lagi.

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Industri Kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934.

Katrin, K., & Vanel, Z. (2020). Strategi Pemasaran Komunikasi Digital Marketing Platform (Cashbac) Untuk Meningkatkan Daya Beli Konsumen. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 14. https://doi.org/10.35308/source.v6i1.1753.

Maskarto, L. N. R. (2021). Penerapan Strategi B isnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 122–127.

Mustika, M. (2019). Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 2(2), 165–171. https://doi.org/10.36085/jsai.v2i2.352.

Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1),1–17.

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13938

Copyright (c) 2022 Wisnu Rayhan Adhitya, Tika Nirmala Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License