Pengaruh Financial Socialization dan Financial Experience terhadap Financial Management Behavior (Studi Kasus pada Generasi Milenial di Kota Bekasi)

Viani Naufalia, Angestika Wilandari, Vicky Windasari, Moehammad Shadiq Helmy

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi keuangan dan pengalaman keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan pada generasi milenial di kota bekasi dengan pendekatan kuantitatif yang digunakan sebagai metode penelitian. Populasi penelitian merupakan generasi milenial dengan kategori usia 25-32 tahun atau milenial muda, dengan sampel sebanyak 187 responden. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling pada generasi milenial di kota bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi keuangan yang dilakukan oleh generasi milenial di kota bekasi memiliki pengaruh dengan kategori sedang (0.402) terhadap perilaku manajemen keuangan dengan kontribusi sebesar 24.1%. Kemudian, pengalaman keuangan yang dimiliki generasi milenial di kota bekasi berpengaruh dengan kategori sedang (0.498) terhadap perilaku manajemen keuangan dengan kontribusi sebesar 33.9%. Serta, sosialisasi keuangan dan pengalaman keuangan apabila dimiliki secara bersama-sama juga dapat mempengaruhi perilaku manajemen keuangan pada generasi milenial di kota bekasi dalam kategori sedang (0.417) dengan nilai kontribusi sebesar 24.7%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13183

Copyright (c) 2022 Viani Naufalia, Angestika Wilandari, Vicky Windasari, Moehammad Shadiq Helmy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License