Analisis Iklan Di Sosial Media Dan Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Brand Image

Julia Dita Savitri, Dimas Wibisono

Abstract


Abstrak  - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis iklan di sosial media dan komunikasi word of mouth terhadap Brand image di Monokrom Store. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data dalam studi ini menggunakan Uji regresi linier berganda,  Uji t, Uji F dan Koefisien Determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Monokrom store dan sampel penelitian ini sebanyak 110 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa iklan sosial media berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand image, word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand image, iklan sosial media dan komunikasi word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand image. Nilai determinasi Adjusted R Square sebesar 0,631, sehingga dapat diketahui bahwa besarnya pengaruh variabel iklan di sosial media dan komunikasi word of mouth terhadaap Brand image sebesar 0,631 selebihnya 36,9% dijelaskan variable lain diluar penelitian.

Kata Kunci: Brand image, Iklan Sosial Media dan Word Of Mouth

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior : Frequently asked questions. April, 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195

Amran, A., Widjaja, Y. R., & Kamelia, E. (2020). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen THE ROLE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND WORD OF MOUTH IN BUILDING BRAND Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen. 8(2), 237–243.

Giantari, I. G. A. K. (2020). PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP WORD OF MOUTH. 10(1).

Gómez, M., Lopez, C., & Molina, A. (2019). An integrated model of social media brand engagement. Computers in Human Behavior, 96, 196–206. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.01.026

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hudson, S., Roth, M. S., Madden, T. J., & Hudson, R. (2020). The effects of social media on emotions, brand relationship quality, and word of mouth: An empirical study of music festival attendees. Tourism Management, 47, 68–76. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2014.09.001

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Kultti, K., & Pekkarinen, T. (2021). Equilibrium price and advertisement distributions. Journal of Mathematical Economics, 97, 102535. https://doi.org/10.1016/j.jmateco.2021.102535

Luthfi, M., Amin, I. H. Al, & Cahyono, T. D. (2019). Proceeding SINTAK 2019 ISBN : 978-602-8557-20-7 Proceeding SINTAK 2019 ISBN : 978-602-8557-20-7. Proceeding SINTAK 2019, 1, 352–360.

Pratiwi, I., & Ratnaningsih, R. (2020). Pengaruh Peran Komite Audit Dan Audit Internal Terhadap Penerapan Good Corporate Governance Pada Pt . Pindad ( Persero ). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–22.

Priansa. (2019). PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI (Studi Kasus Pada Warga …. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1830

Setianingsih, A. (2021). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND IMAGE DAN MINAT BELI PRODUK KOSMETIK E-COMMERCE.

Siddiqui, M. S., Siddiqui, U. A., Khan, M. A., Alkandi, I. G., Saxena, A. K., & Siddiqui, J. H. (2021). Creating electronic word of mouth credibility through social networking sites and determining its impact on brand image and online purchase intentions in India. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(4), 1008–1024. https://doi.org/10.3390/jtaer16040057

Wibisono, D. (2020). Marketing Strategy of Madilog Coffee Shop using Influencers through Instagram Social Media. Jurnal Ad’ministrare, 7(1), 191. https://doi.org/10.26858/ja.v7i1.14664

Widiandari, N. K. O. A., & Nugroho, S. (2021). Motivasi Pengunjung Melakukan Leisure and Recreation di Daya Tarik Wisata Malioboro, Yogyakarta. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(1), 158–164.

Zulkarnaen, W., Fitriani, I. D., & ... (2020). Pengembangan Supply Chain Management Dalam Pengelolaan Distribusi Logistik Pemilu Yang Lebih Tepat Jenis, Tepat Jumlah Dan Tepat Waktu Berbasis Human …. … Ilmiah MEA (Manajemen …, 4(June), 222–243. https://doi.org/10.31955/mea.vol4.iss2.pp222-243




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i2.13182

Copyright (c) 2022 Dimas Wibisono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License