Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Status Pionir terhadap Minat Beli Jasa Reservasi Hotel Online

Denda Rinaldi Hadinata, Sri Haryanti

Abstract


Situasi pandemi saat ini menjadikan masyarakat memiliki allternatif lain untuk berwisata yaitu dengan cara staycation. Ketertarikan masyarakat untuk staycation menjadikan penyedia jasa reservasi hotel online sangat dibutuhkan untuk memesan kamar hotel dengan cepat dibandingkan harus pergi ke hotel terlebih dahulu. Penyedia jasa reservasi hotel online dengan merek Traveloka berhasil memimpin pasar dan berhasil mengenalkan mereknya dengan sukses kepada masyarakat luas. Namun di sisi lain Traveloka bukanlah merek pionir penyedia jasa reservasi hotel online yang pertama kali muncul di Indonesia, melainkan Tiket.com. Walaupun Tiket.com merupakan merek pionir namun kenyataannya pengetahuan konsumen akan keberadaan merek pionir masih rendah. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh kesadaran merek, citra merek dan status merek pionir terhadap minat beli konsumen jasa reservasi hotel online di Kota Bogor. Analisin pada peneltian ini menggunakan Structural Equation Modeling dengan menggunakan smartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tiket.com memiliki empat pengaruh yang positif signifikan antar variabelnya antara lain kesadaran merek yang mempengaruhi citra merek, citra merek yang mempengaruhi status  merek pionir, kesadaran merek yang mempengaruhi minat beli konsumen, dan status merek pioner yang mempengaruhi minat beli konsumen. Namun, hanya satu yang tidak memberikan pengaruh yang tidak signifikan yaitu citra merek terhadap minat beli konsumen.


Full Text:

PDF

References


Antara. (2021). Membaca Keinginan Wisatawan Selama Pandemi Covid-19. Tempo.Co. Membaca Keinginan Wisatawan Selama Pandemi Covid-19

Asmoro, Y. A. (2020). Senandika Pariwisata.

Badan Pusat Statistik. (2021). Tingkat Penghunian Kamar pada Hotel Bintang. Badan Pusat Statistik.

https://www.bps.go.id/indicator/16/122/1/tingkat-penghunian-kamar-pada-hotel-bintang.html

Cendrawati, W., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Dukungan Selebriti, Kepercayaan, Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Secara Elektronik Terhadap Niat Beli Pengguna Shopee Di Jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3(2), 559. https://doi.org/10.24912/jmk.v3i2.11902

Chin, W. (2010). How to Write Up and Report PLS Analyses. In: Esposito Vinzi, V., Chin, W.W., Henseler, J. and Wang, H., Eds., Handbook of Partial Least Squares: Concepts, Methods and Applications in Marketing and Realted Fields. Springer.

Devi Nurhalimah, Widyaesan, D. A., & Akhmadi. (2021). Perancangan Baru Interior Hotel Bintang Empat (****) Di Dago, Bandung Dengan Pendekatan Interior Landscape. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 4(1), 1–2. http://www.ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni/article/view/10544%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=tawuran+antar+pelajar&btnG=%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jfca.2019.103237

Dewi, L. G. P. S., Edyanto, N., & Hotlan Siagian. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabya, Indonesia.

Ghozali, I. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Universitas Dipenogoro.

Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, teknik dan Aplikasi Menggunakan program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Universitas Dipenogoro.

Hadinata, D. R., Syamsun, M., & Basith, A. (2016). The Influence of Brand Awareness and Brand Imagetoward the Status of Pioneer Brand and Consumers’ Interest. 6(7), 535–544.

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105–126. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th Editio). Pearson Education Inc, Ed.

Lahay, S. I., & Wolok, T. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Wanita Merek Softex (Studi Kasus Pada Kalangan Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Negeri Gorontalo). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(2).

Lee, C. J. (2014). Effects of sport mega-events on city brand awareness and image: Using the 2009 world games in Kaohsiung as an example. Quality and Quantity, 48(3), 1243–1256. https://doi.org/10.1007/s11135-013-9832-6

Malhotra, N. K., & Birks, D. F. (2007). an Applied Approach. http://capitadiscovery.co.uk/cardiffmet/items/240307%0Awww.pearson.com/uk

Maulidia, A., Ep, A., & Prabawani, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Mustika Ratu (Studi Pada Konsumen Mustika Ratu di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis, X(I), 803–812.

Nastiti, A., & Astuti, S. R. T. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan Taksi New Atlas di Kota Semarang. Diponegoro Journal of Management, 8(1), 126–136.

Nuranisa. (2017). Strategi Pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Bayang Sani Di Kecamatan Bayang. Jurnal Swarnabhumi, 2(2), 55–62.

Pramudianto. (2021). Check Point. Elex Media Komputindo.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, VII(1), 25–29.

Ramadhan, I., Suharno, S., & Kadafi, M. A. (2018). Status Pionir Sebuah Merek Terhadap Sikap Konsumen Dan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 9(2), 62. https://doi.org/10.29264/jmmn.v9i2.2475

Sudayo, T., & Saefuloh, D. (2019). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Persepsi Kualitas , dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Studi Kasus : Merek Nokia. Politeknik Negeri Bandung, 841–850.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (2nd ed.). Ghalia Indonesia.

Top Brand Award. (2020). Situs Online Reservasi Hotel. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=traveloka

Wibawa, I. (2019). Era Bisnis Online (Underdog vs Raksasa Bisnis). penakopihitam.

Yuliyana, Y., Zamzam, F., & Marnisah, L. (2020). Analisis Kesadaran Merek dan Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Pembayaran Elektronik PT. Visionet Internasional OVO) di Palembang). Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPRO), 1(1), 1–16. https://doi.org/10.35908/ijmpro.v1i1.1




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12561

Copyright (c) 2022 denda Rinaldi Hadinata, Sri Haryanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License