Strategi Pengembangan Pemasaran Kerupuk “UD AGUNG” dengan Metode Analisis SWOT

Ibnu Imam Sholeh, Budi Hartono

Abstract


Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian negara, meskipun Usaha Mikro Kecil Menengah sering dianggap berkonotasi tradisional dan memiliki skala yang kecil baik dalam jumlah karyawan, aset, omset serta modal yang rendah tetapi sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data survei digunakan dalam penelitian ini. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT Matriks IFE-EFE untuk mengidentifikasi faktor-faktor Internal dan Eksternal yang berpengaruh dalam penjualan produk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan kekuatan dan kelemahan internal UMKM terkait dengan cita rasa, hubungan baik, jangkauan pasar, alat produksi. Selanjutnya hasil dari faktor eksternal terdapat peluang dan ancaman UMKM yaitu tingginya permintaan, potensi pasar, lapngan kerja, dan ancaman yang dihadapi yaitu bahan baku fluktuatif, cuaca, muncul pesaing, dan kurangnya dukungan dalam perizinan dan pengembangan usaha. Strategi yang harus diterapkan usaha kerupuk UD AGUNG adalah strategi intensif atau strategi integratif.

Kata Kunci: Faktor Eksternal, Faktor Internal, SWOT, UD AGUNG

Full Text:

PDF

References


Agustian, E., Mutiara, I., & Rozi, A. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(2), 257. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.192

Bagu, A., Herman, K., & Gamaliel, H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Pendanaan Struktur Modal Eksternal Pada Perusahaan Industri Manufaktur di Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Dan Auditing “GOODWILL,” 12(2), 264–275.

Chye, B., & Han, Z. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 75383.

Daya Pratama, P. (2021). Strategi Pengembangan Produk Kerupuk Kemplang Dengan Metode Swot Di Umkm Dua Putri Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Industrika: Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 5(1). https://doi.org/10.37090/indstrk.v5i1.362

Ermaya, S. K., & Darna, N. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Kerupuk). Business Management and Entrepreneurship Journal, 1(3), 207–210.

Khoiriyah, N. R., Ariyani, A. H. M., & Fauziyah, E. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi(Studi Kasus Di Desa Plosobuden, Deket, Lamongan). Agriekonomika, 1(2), 135–148. http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/357

Mahfud, M. H. (2020). Metode Penentuan Faktor-faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546

Pemasaran, S., & Mangga, K. (2020). Pada Industri Rumah Tangga Libna Food. 12(April), 14–23.

Raden Rizki Amalia, Ema Lestari, M. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Dengan Analisis Ahp-Swot Pada Kerupuk Buah Di Ud. Sukma Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Teknologi Informasi Pertanian, 6014, 260–268.

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 144. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1382

Subaktilah, Y., Kuswardani, N., Yuwanti, S., & Magister. (2018). Analisis SWOT: Faktor internal dan eksternal pada pengembangan usaha gula merah tebu. Jurnal Agroteknologi, 12(02), 107–115.

Sumbaryadi, A., Iriadi, N., & Yuliasari, F. I. (2021). Analisa Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Customer Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Di Jne Pondok Kelapa. Jurnal Infortech, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10481

Syafa’at Achmad, A. W. (2020). Strategi Pemasaran Produk Sepatu Menggunakan Metode Analisis Swot Dengan Matrik Ifas Dan Efas Di Pt. Bagoes Tjipta Karya. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE) STRATEGI, 07(1), 108–117.




DOI: https://doi.org/10.31294/jp.v20i1.12244

Copyright (c) 2022 Jurnal Perspektif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License