Model Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Akademik MTs Al Muddatsiriyah

Tri Juliyanto, Arief Rusman, Kresna Ramanda

Abstract


Dalam dunia pendidikan, sistem informasi yang terkomputerisasi sangat dibutuhkan untuk membantu dalam proses belajar mengajar dan dalam mengolah data-data yang terkait di lingkungan pendidikan seperti pengolahan data akademik. Hal tersebut menandakan bahwa, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini. Secara tidak langsung, sekolah di tuntut harus mampu mengimbanginya demi mencakup keberhasilan dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah. Sehingga, informasi hasil pembelajaran tidak lagi hanya dapat dilakukan di sekolah saja. Tetapi, juga dapat dilakukan dimana saja yang di dukung dengan media web menggunakan jaringan internet. Pada tahapan proses pengembangan sistem ini, penulis menggunakan model global extreme programming untuk mengutamakan fleksibelitas terhadap perubahan-perubahan yang terjadi selama pengembangan. Berdasarkan hasil dan pembahasan mengenai penerapan model global extreme programming pada Sistem Informasi Akademik Mts Al Muddatsiriyah. Bahwa, Model global extreme programming yang diterapkan pada sistem informasi akademik Mts Al Muddatsiriyah,  memberikan tahapan yang jelas dalam membangun sebuah sistem. Sehingga memudahkan pihak terkait dalam perancangan sistem hingga pemeliharaannya.

Keywords


Sistem Informasi

References


Fowler, M. (2005). UML Distilled 3th Panduan Singkat Bahasa Pemodelan Berorientasi Objek Standar. Yogyakarta: Andi Ofset.

Lubis, B. O. (2016). Penerapan Global Extreme Programming Pada Sistem Informasi Workshop, Seminar Dan Pelatihan Di Lembaga Edukasi. Jurnal Informatika, 3(2), 234–246. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/1055

Pressman, R. S., & Maxim, B. (2014). Software Engineering : A Practitioner’s Approach. New York: McGraw-Hill Education.

Ramanda, K. (2017). Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 6(4), 14–17.

Rusman, A., & Ramanda, K. (2018). PENERAPAN GLOBAL EXTREME PROGRAMMING PADA SISTEM. 2(8), 45–52.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Informatika, 3(1), 91–99.

Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v22i1.7022

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Telepon: 021-21231170, ext. 704 / 705
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License