Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web

Eka Wulansari Fridayanthie, Haryanto Haryanto, Tsamarah Tsabitah

Abstract


Pada penelitian ini membahas mengenai penerapan metode prototype pada perancangan sebuah sistem informasi penggajian karyawan berbasis website. Pada penelitian ini study kasus yang digunakan adalah PT Bina Angkasa, yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman kargo atau barang melalui perjalanan darat dan laut. Penelitian ini menyesuaikan dengan proses bisnis yang berjalan di PT Bina Angkasa, serta sesuai dengan kegiatan sistem berjalan yang berlangsung saat ini. Penulis menggunakan metode deskriptif dalam penelitian yang dilakukan saat ini. Metode pengembangan yang dipilih oleh penulis adalah metode prototype. Penerapan metode prototype sangat mempermudah dalam perancangan penelitian dengan tujuan    mendeskripsikan     dan     menjelaskan kondisi dari  objek dan juga mempermudah dalam melakukan perancangana sistem. Tujuan dari Penelitian     ini     adalah      menghasilkan     perancangan sistem informasi penggajian karyawan yang efektif dan efisien. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sistem ini telah dirancanga dengan sangat baik dan sesuai dengan yang direncanakan sehingga prototype ini dapat digunakan sebagai acuan untuk melanjutkan pengembangan sistem yang dibuat. Hasil rancangan dari sistem ini dapat digunakan sebagai dokumentasi bagi pihak PT Bina Angkasa   dan dapat dijadikan sebagai sebuah literatur untuk mengembangkan sistem penggajian karyawan.


Keywords


Sistem Informasi, Penggajian Karyawan

Full Text:

PDF

References


Ariani, N. d. (2019). Sistem Informasi Seleksi Penerimaan Pegawai Dengan Metode Waterfall. Akademika, 13-17.

Hasni, I. d. (2017). Sistem Penggajian Karyawan Pada LKP Grace Education Center. jurnal una, 125-136.

Ichsan. (November 2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Beasiswa Mahasiswa Kurang Mampu Pada STMIK BUDIDARMA Medan Menerapkan Metode Profile Matching. Kursor, 5(1), 2. Haettu 14. April 2016 osoitteesta http://pelita-informatika.com/berkas/jurnal/1.%20TM%20Syahru.pdf

Jayanti, M. D. (2018). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Distribusi Gas Elpiji Berbasis Web. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 151-158.

Minarsih, A. F. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Merekrut karyawan Baru. Journal of Management, 36.

Ni Luh Ade Mita Rahayu Dewi, R. S. (2021). Penerapan Metode Prototype dalam Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Karyawan Berbasis Web Pada Berlian Agency. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 147-152.

Syarif, W. N. (2018). Penerapan Metode Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Penghitungan Volume dan Cost Penjualan Minuman Berbasis Website. Jurnal Sistem Informasi Musirawas, 97-105.

TM, E. W. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkas Bitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 152-154.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v23i2.10998

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Telepon: 021-21231170, ext. 704 / 705
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License