Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean

Dwi Andriyanto, Fadillah Said, Fakihotun Titiani, Erni Erni

Abstract


Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) dirancang sebagai aplikasi yang dapat mewujudkan kota pintar efisien dan efektif dalam mengubah Jakarta menjadi kota metropolitan yang cerdas dan lebih baik. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui tingkat kesuksesan aplikasi jakara kini (JAKI) dan variabel mana yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna. Penelitian ini menggunakan enam variabel dari metode DeLone and McLean yaitu: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, kegunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih. Jumlah responden yang digunakan pada penelitian ini adalah 170 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan pengguna berpengaruh sifnifikan 59,4% terhadap manfaat bersih.  Masyarakat telah dapat merasakan manfaat Aplikasi JAKI dalam memenuhi kebutuhan warganya akan informasi terkini dan dapat mengatasi permasalahannya dengan menghemat waktu berupa pelaporan kepada pihak terkait melalui penggunaan teknologi. Sehingga penelitian ini dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Provinsi DKI untuk memaksimalkan kegunaan Aplikasi JAKI menuju kota metropolitan yang cerdas dan interaktif.

Keywords


JAKI, aplikasi mobile, delone and mclean, kota pintar, pemerintah provinsi DKI

Full Text:

PDF

References


Abadi, A. M., Abadi, A. M., & Jafari, A. (2017). Innovation Acceptance And Customer Satisfaction. A Survey On Tax Information Systems/Aceptación De La Innovación Y La Satisfacción Del Cliente: Una Encuesta Sobre Los Sistemas De Información Tributaria. Ad-Minister, (30), 149–171.

Anfina, A., Salisah, F. N., & Permana, I. (2018). Analisa Kesuksesan Penerapan Sistem Perhotelan Dengan Pendekatan Model Delone and Mclean. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 4(1), 56–59.

Baraka, H. A., Baraka, H. A., & El-Gamily, I. H. (2013). Assessing call centers’ success: A validation of the DeLone and Mclean model for information system. Egyptian Informatics Journal, 14(2), 99–108. https://doi.org/10.1016/j.eij.2013.03.001.

Benevolo, C., Dameri, R. P., & D’Auria, B. (2016). Smart mobility in smart city action taxonomy, ICT intensity and public benefits. In Lecture Notes in Information Systems and Organisation (Vol. 11, pp. 13–28). Springer Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-319-23784-8_2.

Hashem, I. A. T., Chang, V., Anuar, N. B., Adewole, K., Yaqoob, I., Gani, A., … Chiroma, H. (2016). The role of big data in smart city. International Journal of Information Management, 36(5), 748–758. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2016.05.002

Larasati, N. A., & Andayani, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean. ejournal.ust.ac.id (pp. 2548–1916). Retrieved from http://www.ejournal.ust.ac.id/index.php/JTIUST/article/view/506

Mardiana, S., Tjakraatmadja, J. H., & Aprianingsih, A. (2015). DeLone-Mclean information system success model revisited: The separation of intention to Use - Use and the integration of technology acceptance models. International Journal of Economics and Financial Issues, 5, 172–182

Meijer, A., & Bolívar, M. P. R. (2016). Governing the smart city: a review of the literature on smart urban governance. International Review of Administrative Sciences, 82(2), 392–408. https://doi.org/10.1177/0020852314564308

Ojo, A. I. (2017). Validation of the delone and mclean information systems success model. Healthcare Informatics Research, 23(1), 60–66. https://doi.org/10.4258/hir.2017.23.1.60

Promin, E., & Suriyachai, P. (2019). Improvement of Scanned Medical Document Management System. In 2019 11th International Conference on Knowledge and Smart Technology, KST 2019 (pp. 126–131). Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc. https://doi.org/10.1109/KST.2019.8687398

Rouibah, K., Lowry, P. B., & Almutairi, L. (2015). Dimensions of business-to-consumer (B2C) systems success in Kuwait: Testing a modified DeLone and McLean IS success model in an e-commerce context. Journal of Global Information Management, 23(3), 41–71. https://doi.org/10.4018/JGIM.2015070103

Sapty Rahayu, F., Apriliyanto, R., & Sigit Purnomo Wuryo Putro, Y. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1704

Stefanovic, D., Marjanovic, U., Delić, M., Culibrk, D., Lalic, B. (2016). Assessing the success of e-government systems: An employee perspective. Information & Management, Volume 53, Issue 6, Pages 717-726. https://doi.org/10.1016/j.im.2016.02.007

Tam, C., & Oliveira, T. (2016). Understanding the impact of m-banking on individual performance: DeLone & McLean and TTF perspective. Computers in Human Behavior, 61, 233–244. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.016

Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Bina Manajemen, September 2019, Vol.8 No.1 Hal 74 – 95




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v23i1.10018

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Telepon: 021-21231170, ext. 704 / 705
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License