Orientasi Pasar dalam Inovasi Produk dan Kinerja Bisnis Perbankan

Raden A Harianto, Pratiwi Nila Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Bisnis Perbankan, di Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode survei kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 Bank (N = 50) di DKI Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah n = 99 responden. Pengumpulan data primer menggunakan metode kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis Jalur (path analysis) lewat Software Lisrel 8.54. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa (1) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan orientasi pasar terhadap inovasi produk dengan koefisien jalur sebesar p = 0,46 pada α = 0,05; (2) Tidak cukup bukti terdapat pengaruh langsung signifikan orientasi pasar terhadap Kinerja bisnis perbankan dengan koefisien jalur sebesar p = 0,09. (3) Terdapat pengaruh langsung positif signifikan  Inovasi Produk terhadap kinerja bisnis perbankan dengan koefisien jalur sebesar p = 0,44 pada α = 0,05 dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung positif signifikan orientasi pasar  terhadap kinerja bisnis perbankan  melalui inovasi produk dengan koefisien jalur sebesar  p = 0,28 pada α = 0,05.

 


Full Text:

PDF

References


Afuah, A. (2014). Business Model : A Strategic Management Approach New York: Mc Graw-Hill,

Adelina Agnes L. et.al. (2016) Orientasi Pasar dan Inovasi Produk berpengaruh terhadap kinerja Pemasaran, Jurnal EMBA vol. 4 no 1 maret 2016 halaman 1330-1339.

A. Nikmah (2015). Pengaruh orientasi Pasar, orientasi pembelajaran dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing. Undip E-Journal in Volume 4 Nomor 2. URL : https://ejournal3.undip.ac.id

Burgelman, R.A., Maidique, M.A., dan Wheelwright. (2011) S.C. Strategic Management Technology and Innovation. International Edition, Boston: Mc Graw Hill Higher Education.

Cravens, D.W., & Piercy.N.F. (2013). Strategic Marketing 10th edition. Singappore: McGraw-Hill Companies, Inc.

Day, G.S. (2009). The Market Driven Organization The Understanding, Attracting and Keeping Valuable Customers, New York: Free Press

De Jong (2012).JPJ dan Vermeulen PAMV. Organizing Successfull New Service Development A Literature Review, UK: Management Decision.

Dobni, C.B. dan Luffman, G.L. (2013). Determining The Scope And Impact of Market Orientation Profile on Strategy Implementation and Performance New York : John Willey & Sons, Ltd.

Esteban, et. al. (2012). Market Orientation in Service: A. Review and Analysis USA: European Journal of Marketing, vol.36.

Fleisher, C. S., & Bensoussan, B. E. (2003). Strategic and competitive analysis: Methods and techniques for analyzing business competition. Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.

Ford, J.D & D.A Schellenberg. (1982). Conceptual Issues of linkage in the assessment of organizational performance. Academy of Management Review. Vol. 7, No. 1: 49-58.

Hamel, G. (2012). Leading The Revolution, Boston: Harvard Business School Publishing.

Kaplan,R.S. dan David P. Norton, D.P. (2014). Strategy Maps, Boston: Harvard Business School.

Lawson, Benn & Samson, Daniel. (2001). Developing Innovation Capability in Organisations: A Dynamic Capabilities Approach. International Journal of Innovation Management. 5. 377-400.

Murti Sumarni, (2012:64). Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta: Liberty.

Marulak Pardede, (2008:9). Likuiditas dan Perlindungan Nasabah, Jakarta: Pusaka Sinar Harahab.

Narver, J.C. dan Slater, S.F. (2010) The Effect of Market Orientation on Business Profitability, Journal of Marketing.

Narver, J.C. dan Slater, S.F.(2014). Does Competitive Environment Moderate The Market Orientation Performance Relationship. New York: Journal of Marketing.

Sensi Tri Buana Dewi. (2016). Analisis Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan Kinerja pemasaran. URL : eprints.undip.ac.id dan https://www.academia.edu>sensi_Tri

Tidd, J., Bessant, J. dan Pavitt, K. (2017). Managing Innovation: Integrating Technological, Market and Organizational Change Chichester. John Willey & Sons.

Venkatraman, N. & Ramanujam, Vasudevan. (1987). Measurement of Business Economic Performance: An Examination of Method Convergence. Journal of Management.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v7i2.8328

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License