ANALISA RASIO LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KESEHATAN BANK PADA KANTOR CABANG PEMBANTU BANK BCA

Indria Widyastuti, Endri Frismadani

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui tata cara perhitungan analisa laporan keuangan dan bagaimana melakukan analisa tingkat kesehatan Bank pada salah satu Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank BCA wilayah Karawang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penulis mengadakan penelitian langsung untuk mendapatkan informasi kemudian mengumpulkan data-data kuantitatif yang diperlukan untuk menghasilkan suatu kesimpulan. Setelah melakukan analisis dan pembahasan masalah, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa tingkat kesehatan KCP Bank BCA tersebut secara keseluruhan tergolong sehat meskipun dari komponen LDR tergolong tidak sehat. Tingkat kesehatan bank ditinjau dari aspek risk profile, earnings, dan capital untuk periode tahun 2015 bisa dikategorikan sehat sehingga dinilai sangat mampu menghadapi pengaruh negatif yang signifikan dari perubahan kondisi bisnis dan faktor eksternal lainnya tercermin dari peringkat faktor-faktor penilaian antara lain profil risiko, rentabilitas, dan permodalan secara umum sangat baik. Sekalipun dikategorikan sehat, KCP Bank BCA tersebut perlu untuk memperhatikan aspek kredit yang mempengaruhi hasil perhitungan rasio LDR. Karena dari penelitian yang dilakukan, hasil perhitungan rasio menunjukan angka yang dikategorikan dalam peringkat komposit 5 atau tidak sehat

Full Text:

PDF

References


Andri Veno, Syamsudin. "Analisa Trend Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Tahun 2015 Sampai Dengan 2017." Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.42, No.1 (Januari 2017).

Indonesia, Bank. Peraturan Bank Indonesia No.13/1/PBI/2011. Jakarta: Bank Indonesia, 2011.

—. Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/1/DPNP. Jakarta: Bank Indonesia, 2009.

—. Surat Edaran Bank Indonesia No.13/24/DPNP. Jakarta: Bank Indonesia, 2011.

Kasmir. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

—. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Kusumo, Yunanto Adi. "Analisa Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2001-2007." La_Riba Jurnal Ekonomi Islam Vol.2 No.1 (Juli 2008).

Muhammad Sabir, Muhammad Ali, Abdul Hamid Habbe. "Pengaruh Rasio Kesehatan Bank Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah dan Bank Konvensional di Indonesia." Jurnal Analisis Vol.1 No.1 (Juni 2012): 76-86.

N Lapoliwa, Daniel S Kuswandi. Akuntansi Perbankan.Jakarta: Institut Bankir Indonesia, 2013.

Subaweh, Imam. "Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank Konvensional Periode 2003-2007." Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.2 No.13 (Agustus 2008).




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v4i1.1904

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License