Dampak Dana Pihak Ketiga Terhadap Pembiayaan pada PT. Bank BRI Syariah. Tbk

Almaripah Almaripah, Amin Setio Lestiningsih, Lukman Hakim, Sabil Sabil, Dwiyatmoko Puji Widodo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh dana pihak ketiga terhadap pembiayaan pada PT. Bank BRISyariah. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh antara antara dana pihak ketiga terhadap pembiayaan pada PT Bank BRISyariah. Sampel pada penelitian ini adalah laporan keuangan PT Bank BRISyariah periode 2010-2019 yang berasal dari laporan keuangan PT Bank BRISyariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik analisa data uji koefesien determinasi serta persamaan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel dependen total pembiayaan yang terdiri dari pembiayaan mudharabah dan pembiayan musyarakah dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu dana pihak ketiga berdampak positif dan dominan. Hal ini sejalan dengan hasil-hasil penelitian sebelumnya. Saran yang bisa disampaikan bagi bank sudah semestinya lebih menggalakan produk dana pihak ketiga ini sebagai produk unggulan untuk mengajak nasabah untuk memakai produk dengan berbagai keunggulan yang berbeda serta bagi peneliti yang lain dapat mengambil subjek penelitian yang berbeda dan periode pelaporan keuangan yang berbeda pula

Full Text:

PDF

References


Al-arief, M. N. rianto. (2010). Dasar-Dasar Pemasaran Bank syariah. Bandung: Alfabeta.

Andriyani, A. (2017). Anasilis Pengaruh Harga Minyak Dunia, Harga Emas dan Bank Indonesia Tare Terhadap Dana Pihak Ketiga Pada Bank Syariah Di Indonesia Periode 2010 - 2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ascarya. (2017). Akad dan Produk Bank Syariah. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Destiana, R. (2016). Analisis Dana Pihak Ketiga dan Risiko Terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah Pada Bank Syariah di Indonesia. Logika, Vol XVII, Page 5.

Edo, D. S. R., & Wiagustini, N. L. P. (2014). Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan, Dan Capital Adequacy Ratio Terhadap Loan To Deposit Ratio Dan Return On Assets Pada Sektor Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Ekonomi Dan Bisnis, Vol 3.11, 650–673.

Ismail. (2014). Perbankan syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Ismail, L. (2018). Analisa Dana Pihak Ketiga Terhadap Pembiayaan Syariah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Universitas Bina Sarana Informatika.

Kasmir. (2012). Dasar-Dasar perbankan. Jakarta: Kencana.

Muhammad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Suana, E., & Prasetyanti, A. (2010). Pelaksanaan Dan Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Al-Mudharabah Pada Bank Syariah. Keuangan Dan Perbankan, Vol 15, 466–478.

Sudiyanto, B., & Suroso, J. (2010). Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Bopo, Car Dan Ldr Terhadap Kinerja Keuangan Pada Sektor Perbankan Yang Go Public Di Bursa Efek Indonesia (BEI) (Periode 2005-2008). Dinamika Keuangan Dan Perbankan, Vol 2.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i2.13497

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License