Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode EVA dan MVA Pada PT. Electronic City Indonesia Tbk
Abstract
Abstrak - Pengukuran kinerja keuangan perusahaan diperlukan untuk menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah dari aspek keuangan. Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) merupakan suatu metode pendekatan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan sebagai indikator adanya penciptaan nilai tambah ekonomi dari suatu investasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menujukkan berdasarkan metode Economic ValueAdded (EVA) pada tahun 2018, 2019 dan 2020 terbilang sangat baik. Ini terlihat dari nilai EVA yang positf dimana (EVA > 0), yang artinya PT. Electronic City Indonesia Tbk berhasil mendapatkan nilai tambah ekonomis selama tiga periode. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode MVA (Market Value Added), Data MVA pada tahun 2018 yang dihasilkan adalah negatif dimana nilai MVA < 0. Untuk tahun 2019-2020, meskipun nilai MVA yang dicapai perusahaan menurun sebesar 32%, hasil tersebut masih menujukkan nilai yang positif dimana MVA > 0. Untuk menjaga MVA bernilai positif perusahaan perlu melakukan strategi dan inovasi untuk mempertahankan keunggulan bisnis yang meningkatkan nilai perusahaannya sehingga kemakmuran pemegang saham dapat dimaksimumkan
Full Text:
PDFReferences
Brigham, E. F., & Houston, J. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Crysdayanti, M. E. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indosat Tbk. periode 2013-2017. Journal of Business and Banking, 7 No. 2, 193–296. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1272
Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.
Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hartono. (2019). Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada PT. Mayora Indah, Tbk. dan PT. Unilever Indonesia, Tbk.). Jurnal Ekonomi, 21 No. 3, 221–236. Retrieved from https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/602
Irfani, A. S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. (2015). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Midfi, S. K., Djatnika, D., & Tripuspitorini, F. A. (2021). Kinerja Keuangan Berbasis Value Added Menggunakan Konsep EVA, MVA, REVA, FVA, dan SVA pada Perusahaan Semen Kategori Indeks LQ45. Indonesian Journal of Economics and Management, 1 N0. 3, 510–522. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/ijem.v1i3.3008
Munawir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.
Puspita, V., Isnurhadi, & Umrie, M. A. R. H. (2015). Pengaruh Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Kelompok Lq-45 Di Bursa Efek Indonesia. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 No. 2, 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbt.v12i2.3091
Putra, K. K., & Sibarani, M. (2018). Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Ritel Di Bursa Efek Indonesia (Bei) 2014 - 2017. Journal of Accounting and Business Studie, 3 No. 2, 79–94. Retrieved from https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/view/318
Ramadhanty, D., Supramono, & Yudhawati, D. (2020). Analisis Metode Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3. No. 1, 123–140. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Manager/article/view/3840/2185
Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategi. Jakarta: Erlangga.
Sawir, A. (2016). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sinaryo, D. (2019). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Periode Tahun 2010-2018. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 16 No. 2, 151–161. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/performa.v16i2.6347
DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i2.13054
Index by:
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License