Analisis Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode EVA dan MVA Pada PT. Electronic City Indonesia Tbk

Ratnawaty Marginingsih

Abstract


Abstrak - Pengukuran kinerja keuangan perusahaan diperlukan untuk menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Kinerja suatu perusahaan dapat dilihat dari berbagai aspek, salah satunya adalah dari aspek keuangan. Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) merupakan suatu metode pendekatan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan sebagai indikator adanya penciptaan nilai tambah ekonomi dari suatu investasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menujukkan berdasarkan metode Economic ValueAdded (EVA) pada tahun 2018, 2019 dan 2020 terbilang sangat baik. Ini terlihat dari nilai EVA yang positf dimana (EVA > 0), yang artinya PT. Electronic City Indonesia Tbk berhasil mendapatkan nilai tambah ekonomis selama tiga periode. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode MVA (Market Value Added), Data MVA pada tahun 2018 yang dihasilkan adalah negatif dimana nilai MVA < 0. Untuk tahun 2019-2020, meskipun nilai MVA yang dicapai perusahaan menurun sebesar 32%, hasil tersebut masih menujukkan nilai yang positif dimana MVA > 0. Untuk menjaga MVA bernilai positif perusahaan perlu melakukan strategi dan inovasi untuk mempertahankan  keunggulan bisnis yang meningkatkan  nilai  perusahaannya sehingga kemakmuran  pemegang  saham  dapat dimaksimumkan


Full Text:

PDF

References


Brigham, E. F., & Houston, J. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Crysdayanti, M. E. (2017). Analisis Kinerja Keuangan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk dan PT Indosat Tbk. periode 2013-2017. Journal of Business and Banking, 7 No. 2, 193–296. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1272

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Harahap, S. S. (2016). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hartono. (2019). Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) Sebagai Alat Ukur Kinerja Keuangan (Studi Kasus pada PT. Mayora Indah, Tbk. dan PT. Unilever Indonesia, Tbk.). Jurnal Ekonomi, 21 No. 3, 221–236. Retrieved from https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/602

Irfani, A. S. (2020). Manajemen Keuangan dan Bisnis Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2015). Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Midfi, S. K., Djatnika, D., & Tripuspitorini, F. A. (2021). Kinerja Keuangan Berbasis Value Added Menggunakan Konsep EVA, MVA, REVA, FVA, dan SVA pada Perusahaan Semen Kategori Indeks LQ45. Indonesian Journal of Economics and Management, 1 N0. 3, 510–522. https://doi.org/https://doi.org/10.35313/ijem.v1i3.3008

Munawir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Puspita, V., Isnurhadi, & Umrie, M. A. R. H. (2015). Pengaruh Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Kelompok Lq-45 Di Bursa Efek Indonesia. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 No. 2, 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.29259/jmbt.v12i2.3091

Putra, K. K., & Sibarani, M. (2018). Analisis Economic Value Added (EVA) Dan Market Value Added (MVA) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Sektor Ritel Di Bursa Efek Indonesia (Bei) 2014 - 2017. Journal of Accounting and Business Studie, 3 No. 2, 79–94. Retrieved from https://journal.ithb.ac.id/JABS/article/view/318

Ramadhanty, D., Supramono, & Yudhawati, D. (2020). Analisis Metode Economic Value Added (Eva) Dan Market Value Added (Mva) Untuk Mengukur Kinerja Keuangan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3. No. 1, 123–140. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Manager/article/view/3840/2185

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategi. Jakarta: Erlangga.

Sawir, A. (2016). Analisa Kinerja Keuangan dan Perencanaan keauangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sinaryo, D. (2019). Pengaruh Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Otomotif Periode Tahun 2010-2018. Jurnal Manajemen Dan Bisnis: Performa, 16 No. 2, 151–161. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/performa.v16i2.6347




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i2.13054

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License