Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Study Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di BEI 2017-2020)

Saifur Rohman, Nina Sabrina, M. Orba Kurniawan

Abstract


Rumusan dalam peneliian ini adalah bagaimana pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 80 perusahaan manufaktur sektor industry dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Metode penentuan sampel yaitu puposive sampling. Metode pengumpulan datayang digunakan dalam penelitian adalah analisis dokumen. Uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Regresi Linier Berganda pada SPSS 25. Hasil Penelitian ini menunjukan perncanaan pajak dan beban pajak tangguhan berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Secara persial perencanaan pajak berpengaruh terhadap manajemen laba, dan beban pajak tangguhan berpengaruh terhadap manajemen laba.

 


Full Text:

PDF

References


Adiatama, F., & Purwaningsih, A. (2014). Pengaru Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. MODUS, 26.

Alesia, H. S. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba. Skripsi Universitas Sanata Dharma, 9-10.

Astutik, R. E., & Mildawati, T. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi.

Fachan, A., & Lestari, S. (2019). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 4.

Febrian, R., Wahyudi, T., & Subeki, A. (2018). Analisis Pengaruh Perencanaan Pajak Dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek INDONESIA). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Akuntansi, 12.

Fitriany, L. C. (2016). Pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2013). JOM Fekon, 3.

Khotimah, H. (2014). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4.

Lubis, I., & Suryani. (2018). Pengaruh Tax Planning, Beban Pajak Tangguhan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7.

Mahpudin, E. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Yang Termasuk Dalam Jakarta Islamic Index . 2.

Negara, G. R., & Suputra, D. (2017). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Pohan, C. A. (2016). Manajemen Perpajakan. Jakarta: PT Gramedia.

Saputra, Y. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Dan Leverage Terhadap Praktik Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI Periode 2012-2016). Jurnal Ekobis Dewantara, 1.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. jakarta : Salemba Empat.

Setyawan, B., & Harnovinsah. (2015). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan,Profitabilitas, Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba.

Suandy, E. (2016). Perencanaan Pajak. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

sulistyanto, H. S. (2018). Manajemen Laba Teori san Model Empiris. Jakarta: Grasindo.

Sumomba, C. R., & YB. , H. S. (2012). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba. Kinerja, 16.

Waluyo. (2016). Akuntansi Pajak. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Yuliza, A., & Fitri, R. (2020). Pengaruh Beban Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak Terhadap Praktik Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Keuangan dan Pemerintahan, 1.

Yunila, F., & Aryati, T. (2018). Pengaruh Perencanaan Pajak dan Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Audit sebagai variabel moderasi. Seminar Nasional Cendekiawan, 4.




DOI: https://doi.org/10.31294/moneter.v9i1.11347

Index by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License