SISTEM INFORMASI PENJUALAN PRODUK PONTIMARKET

Yulia Yulia, Nanda Diaz Arizona, Muhamad Nasihin

Sari


Pontimarket merupakan komunitas UMKM yang berdomisili di Kota Pontianak, dimana sangat membutuhkan adanya sistem informasi akuntansi yang dapat membantu para pelaku UMKM dalam melakukan transaksi penjualan. Sistem yang ada pada Pontimarket saat ini masih dilakukan secara sederhana dengan menggunakan alat bantu buku dan Microsoft Excel sebagai media pencatatan transaksi penjualan. Hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi, kurang akuratnya laporan yang dibuat, keterlambatan dalam pencarian data yang diperlukan dan membuka peluang sehingga mudah untuk melakukan manipulasi data. Penulis membuat sistem informasi penjualan produk berbasis web pada Pontimarket untuk memudahkan konsumen melakukan transaksi pemesanan penjualan secara online. Sistem informasi akuntasi Penjualan Berbasis Web dalam pembuatannya penulisan menggunakan aplikasi Framework Codigntiner dengan bahasa pemograman hxpertext preprocessor (PHP) program ini juga menggunakan beberapa software pendukung dalam pembuatan webnya seperti Xampp sebagai server lokal, Google Chrome sebagai web browser dan MySql sebagai database server.

Kata Kunci


Penjualan, Website, PHP (Hypertext Preprocessor).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arizona, Nanda Diaz, dkk. 2019. Analisis Perbandingan Efektivitas Penggunaan Media Komunikasi Berbasis Messenger Pada CV. Langgeng. Jurnal Ecodemica Vol. 3 No. 1 April 2019.

Irmayani, Windi, dkk. 2020. Pengelolaan Keuangan Berbasis Web PT. Mutualplus Global Resources Cabang Pontianak. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol. 01, No. 01, Maret 2020, pp. 40-49.

Rosa dan Shalahuddin, M. 2018. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v8i1.8300

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v8i1.8300.g4162

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta