PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM PERHITUNGAN PENDAPATAN ATAS HUTANG ANGGOTA KOPERASI

Sri Murni, Latifah Latifah, Fransisca Endah, Dede Apriana, Raja Sabaruddin

Sari


Sistem informasi membantu perusahaan untuk menyajikan laporan keuangan ke dalam bentuk informasi yang akurat dan terpercaya. Sistem informasi akuntansi memberikan manfaat besar dalam meningkatkan efektifikas dan keunggulan sebuah perusahaan terutama dalam pengambilan keputusan. Pencatatan dan pengolahan transaksi yang terjadi pada koperasi secara umum sudah memanfaatkan microsoft excel, namun penerapannya masih kurang efektif dan belum memenuhi kebutuhan pengguna, seperti yang terjadi pada Koperasi Konsumsi PT. Parna Agromas. Anggota koperasi merupakan karyawan perusahaan PT. Parna Agromas. Karyawan diwajibkan menjadi anggota dan melakukan pembelanjaan baik secara tunai maupun hutang. Pembelanjaan anggota tidak boleh melebihi gaji dan pada akhir bulan dibuat laporan tutup buku yang akan digunakan dalam pemotongan gaji. Selain itu pengelola koperasi bertanggung jawab dalam penyusunan laporan keuangan setiap akhir periode dan tentunya memerlukan sistem informasi akuntansi. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall, dimana tahapan metode ini terdiri dari analisis, desain, pengkodean, implementasi dan tahap pendukung. Penelitian menghasilkan sistem informasi akuntansi dalam bentuk aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam perhitungan pendapatan atas hutang anggota dan penyusunan laporan akhir periode.

Kata Kunci


Aplikasi Akuntansi, Perhitungan Pendapatan, Hutang Anggota Koperasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alannita, Ni Putu., dan I Gusti Ngurah Agung Suaryana. (2014). Pengaruh Kecanggihanan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Kemmapuan Teknik Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Individu. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 6(1), 33-45. Retrieved from (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7777).

Al-eqab, M. and Adel, D. 2013. The Impact of IT Sophistications on the Perceived Usefulness of Accounting Information Characteristics among Jordanian Listed Companies. Journal of Bussiness and Social Science, 4 (3), pp: 145-155.

Edison, G., Manuere, F., Joseph, M., and Gutu, K. 2012. Evaluation of Factors Influencing Adoption of Accounting Information System by Small to Medium Enterprises in Chinhoyi. Journal of Contemporary Research in Bussiness, 4 (6), pp: 1126-1141.

Hariwijaya, M. (2017). Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Elmatera.

Novia. 2017. Prinsip dan Jenis Laporan Keuangan di Indonesia, (https://www.jurnal.id/id/blog/2017-prinsip-dan-jenis-laporan-keuangan-koperasi-di-indonesia/, diakses 01 September 2019).

Sihombing, D. O., Nugraha, W., & Andani, F. (2016). Aplikasi Pengelolaan Data Order Mkios Berbasis Web Pada TDC PT . Telesindo Shop Pontianak. Simnasiptek, VOL. 1(NO. 1), 129–138.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v7i2.6648

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v7i2.6648.g3751

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta