Implementasi Extreme Programming Pada Perancangan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)

Eri Bayu Pratama, Ade Hendini

Sari


Rumah Sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan yang merawat pasien secara langsung harus mengutamakan pelayanan medis yang aman, bermutu, tidak diskriminatif dan efisien dengan mengutamakan kepentingan pasien sesuai Standar Pelayanan Rumah Sakit.Mutu pelayanan rumah sakit dapat dilihat dari aspek-aspek berikut: aspek klinis (pelayanan bagi dokter, perawat dan teknik medis terkait), aspek efisiensi dan efektivitas pelayanan, keselamatan pasien dan kepuasan pasien. Pelaksanaan audit medis di rumah sakit merupakan salah satu upaya yang efektif dan efisien untuk memantau peningkatan mutu pelayanan. Pelayanan merupakan aspek penting dalam rumah sakit agar terciptanya pelayanan yang relevan serta nyaman bagi pasien. Dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan operasional rumah sakit memerlukan suatu sistem yang dapat serta mampu memanajemen operasional tersebut, seperti pendaftaran pasien, registrasi perawatan, pencatatan resep obat, hingga pembayaran, dan semua bergantung pada manajemen stakeholder. Extreme Programming merupakan sebuah pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang menyederhanakan berbagai tahapan proses pengembangan sehingga menjadi lebih adaptif dan fleksibel. Adapun Tahapan-tahapan yang harus dilalui yaitu, tahapan eksplorasi, perencanaan, iterasi pengembangan sistem, dan tahap produksi akhir.

Kata Kunci


Extreme Programming; Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hendini, A. 2016. Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4 (2): 107-116.

Pratama, E,B. 2017. Pendekatan Metodologi Extreme Programming Pada Aplikasi E-Commerce Berbasis M-Commerce Studi Kasus: Toko Buku An’Nur di Pontianak. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5 (2): 92-102.

Supriyatna, dkk. 2021. Sistem Informasi Akuntansi Pencatatan Kas Kecil Menggunakan Metode Extreme Programming. Akasia, 1 (1): 139-146.

Winarso, F,A, dkk. 2020. Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit TK.IV Kota Samarinda. eJournal Ilmu Admnistrasi Publik , 8 (1): 8943-8952.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14159

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14159.g5710

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta