APLIKASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY BERBASIS WEB

Aris Fajrianto, Ilhamsyah Ilhamsyah, Rahmi Hidayati

Sari


Penjadwalan merupakan masalah umum yang terjadi pada institusi pendidikan. Dalam pembuatan jadwal mata pelajaran diperlukan ketelitian dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti pembagian tugas mengajar guru, jumlah ruangan yang tersedia, dan slot waktu agar tidak terjadi bentrok antar jadwal. Waktu yang dibutuhkan juga cukup lama jika pembuatan jadwal dilakukan secara manual. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem yang dapat mempermudah pembuatan jadwal untuk meminimalisir kejadian bentrok antar jadwal. Aplikasi yang dibangun berbasis web dengan mengimplementasikan algoritma Artificial Bee Colony yang mampu menyelesaikan permasalahan optimasi seperti penjadwalan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan data sebanyak 1195 jadwal. Hasil pengujian menggunakan parameter colony size sebesar 6, limit sebesar 5, dan max iterations sebanyak 5 iterasi menghasilkan solusi optimal dengan nilai rata-rata fitness sebesar 0.95. Dari hasil pengujian menunjukkan jadwal paling optimal yang dihasilkan memiliki jumlah bentrok sebanyak 0 jadwal dan tidak ada jadwal yang melanggar hard constraints.

Kata Kunci


Penjadwalan, Mata Pelajaran, Artificial Bee Colony, Web

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cholissodin, I., Riyandani, E. (2016). Swarm Intelligence, Malang : Penerbit : Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Brawijaya.

Fadila, J. N. (2016). Persebaran Multi NPC Menggunakan Algoritma Bee Colony Untuk Game 3D Space Shooter. Tesis. FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI. INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH SEPTEMBER, SURABAYA.

Fhadli, M. (2016). Optimasi Penjadwalan Pengerjaan Softwarepada Software Housedengan Flow-shop Problem Menggunakan Artificial Bee Colony. Skripsi. FAKULTAS ILMU KOMPUTER, UNIVERSITAS BRAWIJAYA. MALANG.

Fitriawati, M. (2018). Analisis Dan Pemodelan Prototipe Sistem Informasi Jadwal Kuliah Dengan Algoritma ABC (Artificial Bee Colony). Skripsi. PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI. UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG.

Luthfina, L. (2018). Implementasi Algoritma Artificial Bee Colony (ABC) Untuk Penjadwalan Mata Pelajaran Sekolah. Skripsi. FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG.

.

Nugroho, R. F. (2013). Penerapan Algoritma Artificial Bee Colony dalam Aplikasi Penjadwalan Pelajaran untuk Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI, UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA BANDUNG.




DOI: https://doi.org/10.31294/jki.v10i1.12550

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jki.v10i1.12550.g5474

##submission.copyrightStatement##

p-ISSN 2339-1928

e-ISSN 2579-633X



Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Email : jurnalkhatulistiwainformatika@bsi.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Jurnal Khatulistiwa Informatika Indexed by:

Image result for logo index sinta