Analisa Potensi Pengambangan Pemasaran Digital Kain Tenun Lurik Produksi ATBM Klaten Menggunakan Factor Analysis

Diah Pradiatiningtyas, Chriswardana Bayu Dewa

Sari


Abstrak

 

Klaten, merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang  sudah sejak puluhan tahun dikenal sebagai penghasil kain tenun lurik ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) diantaranya Desa Tlingsing dan Pedan. Saat inipun Klaten masih dikenal sebagai penghasil lurik tradisional. Namun dengan gempuran jaman dan maraknya industri tekstil dengan teknologi yang modern membuat pamor tenun lurik ATBM menurun mulai tahun 2016 lalu. Sampai saat ini masih banyak kelompok pengrajin yang bertahan dengan melakukan banyak upaya dan inovasi produk luriknya, dengan efek teknologi yang merugikan para pengrajin tersebut. Pengrajin kain tenun lurik ATBM kalah saing dengan kain tenun lurik yang diproduksi dengan mesin. Daya jangkau pemasaran yang sudah terdigitalisasi diharapkan mampu menjangkau semua pihak, sehingga potensi Desa Tlingsing dan Pedan sebagai penghasil tenun lurik ATBM dapat maksimal tereksplorasi kepada pelanggan di belahan dunia manapun dan juga penghasilan kelompok masyarakat yang bergerak didalamnya juga dapat maksimal. Analisa dibutuhkan untuk menemukan faktor-fator yang menjadi potensi agar dapat dikembangkan pemasaran digitalnya agar sesuai peruntukkannya. Untuk itu penelitian ini bertujuan menggali faktor dimensi yang menjadi potensi dikembangkannya pemasaran digital kain tenun lurik ATBM di Desa Tlingsing dan Pedan Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisa yang dilakukan adalah analisa faktor dan regresi linier berganda. Survei dilakukan kepada kelompok pengrajin kain tenun lurik ATBM Tlingsing dan Pedan Klaten serta masyarakat secara umum. Hasil yang didapatkan adalah menunjukkan bahwa semua variabel independen memberikan pengaruh terhadap variabel dependen. Faktor potensi pengembangan pemasaran digital kain tenun lurik ATBM di Klaten adalah keunikan Kain, pamor kain tenun, ketersediaan sinyal (koneksi memadai), minat pelanggan, pamor kain tenun lurik di dunia fashion, budaya Lurik, dan kemampuan penguasaan teknologi.

 

Kata kunci : Tenun Lurik, Klaten, Pemasaran Digital, Analisis Faktor

 

 

Potential Analysis of Digital Marketing Development for Lurik Woven Fabrics Production of ATBM Klaten Using Factor Analysis

 

Abstract

 

Klaten, is one of the districts in Central Java which has been known for decades as a producer of ATBM lurik (non-machine weaving tools), including Tlingsing and Pedan villages. Even now, Klaten is still known as a producer of traditional lurik. However, with the onslaught of times and the rise of the textile industry with modern technology, the prestige of ATBM lurik weaving has decreased since 2016. Until now, there are still many groups of craftsmen who have survived by making a lot of efforts and innovating their lurik products, with a detrimental effect on technology for these craftsmen. ATBM's lurik woven fabric craftsmen are less competitive than machine-produced lurik woven fabrics. The digitalized marketing reach is expected to be able to reach all parties, so that the potential of Tlingsing Village and Pedan Village as producers of ATBM lurik weaving can be maximally explored to customers in any part of the world and also the income of community groups operating in them can also be maximized. Analysis is needed to find potential factors so that digital marketing can be developed so that it is suitable for its purpose. For this reason, this study aims to explore the dimensional factors that have the potential to develop digital marketing of ATBM lurik woven fabrics in Tlingsing and Pedan Klaten Villages. The research method used is qualitative and quantitative. The analysis performed was factor analysis and multiple linear regression. The survey was conducted among the groups of ATBM Tlingsing and Pedan Klaten lurik woven fabrics as well as the general public. The results obtained are indicating that all independent variables have an influence on the dependent variable. The potential factors for the development of digital marketing of ATBM's lurik woven fabrics in Klaten are the uniqueness of the cloth, the prestige of the woven fabric, the availability of signals (adequate connections), customer interest, the prestige of lurik woven fabrics in the world of fashion, Lurik culture, and the ability to master technology.

Keywords:  Lurik Woven, Klaten, Digital Marketing, Factor Analysis


Kata Kunci


Pariwisata, Budaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Fawaid Akh. 2017, Pengaruh Digital Marketing System, Terhadap Daya Saing Penjualan Susu Kambing Etawa. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Iqtishadia, Vol.4. Nomor 1.

Is-haq, Hassan Oladimeji. 2019. Digital Marketing and Sales Improvement in Small and Medium Enterprises in Nigeria. Vol 6. International Journal of Innovation and Research in Educational Sciences.

Kannan, P. K., & Hongshuang, L. 2016. Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. Elsevier, vol. 34(1), pages 22-45. International Journal of Research in Marketing.

Kithinji, L.W. 2014. Internet Marketing and Performance of Small and Medium Business in Nairobi. University of Nairobi.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.

Leeflang, Peter S.H, Peter C.Verhoef, Peter Dahlstrom and Tjark Freundt. 2014. Challenges and Solutions for Marketing in a Digital Era. Vol 32. Issue 2, 1-12. European Management Journal.

Pradian, Theresia. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. JIBEKA, Vol. 11, No.2. p 46-53.

Putri, Nur Latifa Isnaini, dkk. PERAN DIGITAL MARKETING TERHADAP BRAND EQUITY PRODUK PARIWISATA. UNEJ e-Proceeding, (S.l),p.406-410, jan. 2018.

Purwana, Dedi. 2017, Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (UMKM), Vol.1 Nomor 1.

Santoso, Singgih dan Tjiptono, (2001), Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Slamet, Rahmat, DKK. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia 16(2). Pp 136-147.

Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Wartime, Kent dan Ian Fenwick. 2008. DigiMarketing: The Essential Guide to New Media & Digital Marketing. Singapore : Wiley.

Yasmin, A, Tasneem, S, dan Fatema, K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in The Challenging Age: An Empirical Study. Vol 1(5): 69-80. International Journal of Management Science and Business Administration.




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8927