Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Sale Pada Hotel Galuh Anindita Yogyakarta
Sari
Abstract - Galuh Anindita Hotel is a non-star hotel located strategically in the center of Yogyakarta. As a non-star hotel located not far from the center of Yogyakarta tourism, of course the challenge is greater because they have to compete with other hotels, especially star hotels, so various efforts need to be made to get the expected sale. This study aims to determine the effect of marketing mix on sales at Galuh Anindita Hotel Yogyakarta. The method used in this research is quantitative descriptive by collecting data through questionnaires, observation, and documentation. The questionnaire was distributed to visitors of the Galuh Anindita Hotel in Yogyakarta during May-July 2019. Analysis of the data used was linear regression test. The instrument test using validity and reliability shows that all items are declared valid and reliable so that it can be used for calculation analysis. Based on the results of the correlation test it was concluded that the relationship between marketing mix and sale was categorized strong with a correlation value of 0.728. Hypothesis testing shows that the marketing mix has a significant effect on sales as indicated by a probability value of 0,000 (<0.05) and t of 10.498. The magnitude of the effect of the marketing mix on sales was 52.9%.
Keywords: marketing mix, sale, hotel
Abstrak - Hotel Galuh Anindita adalah hotel non bintang yang berlokasi strategis di tengah kota Yogyakarta. Sebagai hotel non bintang yang terletak tidak jauh dari pusat pariwisata Yogyakarta, tentunya tantangan lebih besar karena harus bersaing dengan hotel lain terutama hotel berbintang sehingga berbagai upaya perlu dilakukan untuk mendapatkan sale yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap sale di Hotel Galuh Anindita Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Angket disebarkan kepada pengunjung Hotel Galuh Anindita Yogyakarta selama bulan Mei-Juli 2019. Analisis data yang digunakan yaitu dengan uji regresi linear. Uji instrumen dengan menggunakan validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item dinyatakan valid dan reliabel sehingga dapat digunakan untuk analisis perhitungan. Berdasarkan hasil uji korelasi disimpulkan bahwa hubungan antara bauran pemasaran dengan sale dikategorikan kuat dengan nilai korelasi sebesar 0,728. Uji hipotesis menunjukkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap sale yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 (< 0,05) dan t sebesar 10,498. Besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap sale sebesar 52,9 %.
Kata kunci: bauran pemasaran, sale, hotel
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Assauri, S. 2011. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan Strategi. Jakarta: Grafindo Persada
Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: PT Gramedia Widisarana. Indonesia.
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Lovelock, C. dan Lauren K Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks
Lupiyoadi, H. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Salemba
Nafarin, M. 2009. Penganggaran Perusahaan. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 Tentang Standar Usaha Hotel
Rangkuti, F. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis. Kasus. Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. GramediaPustakaUtama
Sofyan. 2011. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep, dan strategi. Jakarta: PT. Grafindopersada.
https://visitingjogja.com
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i2.6490