Studi Tentang Kepuasan Wisatawan Dampak Dari Pengembangan Wisata Di Bali Ndeso Kampung Flory Sebagai Wisata Alam Dan Kulineri
Sari
Keywords: Development, Satisfaction and Travelers
Abstrak - Pariwisata selalu memberikan dampak terhadap ekonomi dan sosial warga sekitar obyek wisata untuk itu pengembangan dan pengelolaan selalu menjadi perhatian serius bagi pengelola wisata. Dalam penelitian ini membahas studi tentang kepuasaan wisatawan sebagai dampak dari pengembangan wisata di Bali Ndeso Kampung Flory. Menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, peneliti ingin mengungkapkan tentang aspek-aspek pelayanan, fasilitas, harga dan kepuasaan yang ditawarkan kepada wisatawan. Penilaiaan wisatawan terhadap pengelolaan obyek wisata sebagai pengembangan wisata di Bali Ndeso dalam penelitian ini mayoritas memberikan penilaian yang baik. Indikator pelayanan yang handal dan tanggap sudah dinilai baik. Kemudian indikator keyakinan dan empaty juga dinilai baik. Aspek fasilitas dalam pertimbangan dan perencanaan lahan juga diapresiasi dengan baik oleh wisatawan. Faktor harga yang ditawarkan juga dinilai sesuai dengan kualitas produk yang ada di Bali Ndeso serta harga yang dinilai cukup bersaing dengan kompetitor obyek wisata yang sejenis ditempat lain. Aspek lokasi obyek wisata juga dinilai baik karena lokasi yang strategis dan mudah diakses. Peneliti menemukan bahwa kepuasaan wisatawan sudah dinilai baik karena keberhasilan dalam menengani keluhan wisatwan dan menyelesaikan pekerjaan dengan baik seperti mampu mengetahui keinginan dan mendiagonis permasalahan dengan cepat.
Kata Kunci : Pengembangan, Kepuasaandan Wisatawan
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anonim, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 1990 Tentang Kepariwisataan. Jakarta
Anonim, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Jakarta
Anonim, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Jakarta
Gamal, Suwantoro. 2002. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset.
Ismayanti, 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta : PT Grasindo.
Kuntowijoyo, 2006. Budaya dan Masyarakat: Edisi Paripurna. Yogyakarta :Tiara Wacana
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Indonesia, Edisi Milenium,Edisi Kesepuluh, Jakarta : PT. Prenhallindo
Majid, Suharto Abdul, 2009, Customer Service Dalam Bisnis Jasa Transportasi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sihite, Richard, 2000, Tourism Industry (Kepariwisataan), Surabaya: Penerbit SIC
Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Yoeti, Oka, Pemasaran Pariwisata Terpadu, Penerbit Angkasa, Bandung 1996
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v10i1.5621